Sabtu 14 Januari 2023, 15:28 WIB

Anggota Komisi I DPR Minta Pemerintah Investigasi Peran Anton Gobay

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Anggota Komisi I DPR Minta Pemerintah Investigasi Peran Anton Gobay

Ist/Dok.Polri
Tertangkapnya Anton Gobay di Filipa merupakan titik awal yang penting dalam memberantas sindikat pemasok senjata ilegal kepada KKB.

 

ANGGOTA Komisi I dari Fraksi Partai Demokrat Rizki Aulia Natakusumah meminta pemerintah untuk mengusut lebih jauh peran Anton Gobay dalam bisnis jual beli senjata ilegal.

Tertangkapnya Anton Gobay di Filipa merupakan titik awal yang penting dalam memberantas sindikat pemasok senjata ilegal kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

"Harus ada tindak lanjut dari penegak hukum agar kejadian ini bisa menjadi titik awal pemberantasan sindikat pemasok senjata ilegal kepada KKB Papua," ungkap Rizki saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (14/1).

Rizki melanjutkan, aparat keamanan bisa melakukan koordinasi dengan kepolisian negara-negara sahabat untuk menelusuri peran Anton Gobay. Hal itu dilakukan agar alur sumber pasokan senpi ilegal di Papua bisa terungkap sepenuhnya.

"Kami juga berharap agar pemerintah menggencarkan upaya preventif dan penyelesaian akar masalah keamanan di Papua," jelasnya.

Baca juga: Polri Diminta Bentuk Tim Khusus Usut Jaringan Anton Gobay

Selain mencari sumber senjata yang digunakan oleh pelaku teror, Rizki menjelaskan pemerintah juga harus mengusut dari mana para kelompok kekacauan mendapatkan support finansial.

Pelaksanaan negosiasi serta diplomasi ke berbagai pemangku kepentingan di isu keamanan Papua juga penting dilaksanakan agar kondisi di lapangan dapat dikontrol.

"Kami juga berharap agar aparat yang bertugas di Papua untuk selalu waspada dengan potensi ancaman yang ada sehingga tidak jatuh korban jiwa dan tidak terjadi kerugian materiil lainnya sebagaimana yang telah terjadi selama ini," tegasnya.

Anton Gobay adalah seorang pilot warga negara Indonesia (WNI). Anton Gobay ditangkap oleh otoritas pihak keamanan Filipina terkait masalah senjata api (senpi) ilegal. Anton Gobay mengaku senpi tersebut akan dibawa ke Papua untuk mendukung kegiatan organisasi Papua. (Uta/OL-09)

Baca Juga

Setpres

Presiden Sebut Sisi Politik bukan Alasan Utama Rombak Kabinet

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:16 WIB
"Yang utama memang performa kinerja. Ada sisi politik juga. Itu pasti ada tapi bukan yang...
Antara

Disinggung Soal Reshuffle Kabinet, Jokowi: Ditunggu Saja

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 31 Januari 2023, 22:14 WIB
Presiden hanya mengatakan bahwa pada Rabu (1/2) besok, yang merupakan Rabu Pon, dirinya memiliki agenda kunjungan kerja ke wilayah...
MI/Susanto

Besok, Giliran Surya Paloh Berkunjung Ke Golkar

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Selasa 31 Januari 2023, 21:20 WIB
Surya Paloh dijadwalkan bakal berkunjung ke kantor DPP Partai Golkar. Surya Paloh bakal bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya