Jumat 11 November 2022, 10:31 WIB

Ini Tiga Penjabat Gubernur DOB Papua

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Ini Tiga Penjabat Gubernur DOB Papua

Antara
MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

 

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan melantik tiga penjabat (pj) gubernur daerah otonomi baru (DOB) Papua. Ketiganya akan memimpin Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan. Sampai sejauh ini, belum ada keterangan resmi dari Kemendagri mengenai sosok tiga pj tersebut.

Kendati demikian, beberapa karangan bunga yang berjajar di dalam Kompleks Kemendagri, Jakarta Pusat mengungkap tiga pj yang akan dilantik pagi ini. Berdasarkan pantauan Media Indonesia, tiga nama yang akan menjabat sebagai pj gubernur Papua hasil pemekaran itu adalah Apolo Safanpo, Ribka Haluk, dan Nikolaus Kondomo.

Apolo akan dilantik sebagai penjabat Gubernur Provinsi Papua Selatan, Ribka sebagai pj Gubernur Provinsi Papua Tengah, dan Nikolaus sebagai pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan. Apolo merupakan akademisi yang menjabat sebagai rektor Universitas Cenderawasih.

Sementara itu, Riba adalah Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua. Adapun Nikolaus merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

Karangan bunga ucapan selamat yang sudah berjajar kebanyakan berasal dari pejabat Kemendagri. Mereka antara lain Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan Safrizal, Dirjen Bina Keuangan Daerah Agus Fatoni, Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Bahtiar.

Peresmian dan pelantikan para pj tiga gubernur DOB baru itu dilaksanakan kurang dari empat bulan setelah tiga undang-undang (UU) terkait pembentukan tiga provinsi DOB itu diundangkan pada 25 Juli 2022.

Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan ketiga UU tersebut yang menggariskan proses peresmian masing-masing DOB dan pelantikan para pj gubernurnya dilakukan paling lama enam bulan sejak UU diundangkan.

Beberapa kewajiban yang harus dilaksanakan para pj baru itu antara lain melakukan pembentukan dan pengisian perangkat daerah, memfasilitasi pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) maupun memfasilitasi pemilihan gubernur/wakil gubernur dan DPR pertama kali di tiap provinsi. (OL-12)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Pernah Disebut Merugi Rp106 Triliun, Pengacara Bos Indosurya: Faktanya Rp16 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 10:50 WIB
“Jadi ahli mengatakan kerugiannya itu Rp16 triliun, bukan Rp106 triliun. Nah bahkan kalau mengacu pada data PKPU jadi kerugiannya...
Dok. DPR RI

Komisi III DPR Disebut akan Panggil BNPT Minta Klarifikasi soal Bom Astanaanyar

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:18 WIB
Pihaknya akan menanyakan BNPT perihal program pembinaan deradikalisasi yang dijalankannya, termasuk koordinasi intelijen institusi tersebut...
Dok. DPR RI

Penyusunan Anggaran Berbasis Gender Ikut Berperan Wujudkan Demokrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:07 WIB
Praktik GRB dilakukan di Indonesia sejak 2009 melalui pendekatan sistem perencanaan dan penganggaran yang berperan sebagai alat untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya