Minggu 11 September 2022, 20:20 WIB

Aliansi Borneo Bersatu Minta Hakim Berikan Hukuman Setimpal untuk Edy Mulyadi

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Aliansi Borneo Bersatu Minta Hakim Berikan Hukuman Setimpal untuk Edy Mulyadi

MI/ HO
Aliansi Borneo Bersatu

 

ALIANSI Borneo Bersatu (ABB) meminta kepada para majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Pusat agar memberikan hukuman setimpal kepada Edy Mulyadi dalam kasus ujaran kebencian. Rencananya, Edy Mulyadi akan kembali menjalani sidang putusan di PN Jakpus, Senin (12/7).

Putusan hakim, kata Juru Bicara ABB Rahmat Nasution Hamka harus mampu memenuhi rasa keadilan bagi masyarakat suku dayak.

" Jangan sampai putusan hakim dapat memicu dan memacu permasalahan baru, sehingga masyarakat suku bangsa dayak masih merasa terusik harkat dan martabatnya," ujar Rahmat lewat keterangannya yang diterima Minggu (11/7).

Kaus Edy, sambungnya, selalu menjadi perbincangan hingga di akar rumput maayarakat dayak. Mereka menunggu hasil akhir kasus tersebut.

Saat ini juga sudah mulai ada konsolidasi dari segenap komponen masyarakat suku bangsa dayak, baik dari berbagai kalangan dan daerah.

"Termasuk yang sudah langsung datang ke Jakarta menuju ke persidangan Pada hari Senin, maupun yang ada di daerah untuk memantau serta mengawal bagaimana putusan hakim yang akan diberikan pada EM," ujarnya.
 
Rahmat yang juga Wakil Presiden Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) mengingatkan agar kepada semua pihak khususnya majelis hakim agar dapat bertindak dengan penuh kearifan. Sehingga Kasus EM dapat jadi pelajaran bagi semua pihak untuk tidak lagi membuat pernyataan yg dapat melukai perasaan suku atau golongan tertentu. 

Setelah ada putusan terkait hukum, ia menambahkan, segenap masyarakat suku bangsa dayak akan tetap membawa EM ke persidangan hukum adat di bawah koordinasi Majelis Adat Dayak Nasional (MADN).

"Hal ini dilakukan untuk mengembalikan marwah, harkat dan martabat suku bangsa dayak, sehingga tidak ada lagi rasa dendam sesama anak bangsa, tapi jadi pelajaran bagi kita semua," pungkasnya. (Ant/OL-8).

Baca Juga

MI/ Usman Iskandar

Politisi PDIP Sebut Kaesang jadi Ketum PSI karena Dikarbit

👤Media Indonesia 🕔Minggu 01 Oktober 2023, 00:14 WIB
Panda menyebut, semua hal mestinya dilalui dengan proses politik, bukan secara...
AFP/Bay ISMOYO

Erick Thohir Dinilai sebagai Pemimpin Revolusioner

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Sabtu 30 September 2023, 23:30 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir disebut-sebut sebagai sosok revolusioner. Hal itu terlihat dari keberhasilannya mentransformasi BUMN menjadi...
MI/Adam Dwi

Jokowi Diusulkan Gantikan Megawati Jadi Ketum PDIP, Ini Respons PDIP

👤Abdillah M. Marzuqi 🕔Sabtu 30 September 2023, 23:03 WIB
SEKRETARIS Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto buka suara soal usulan nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Ketum PDIP dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya