Kamis 09 Juni 2022, 11:46 WIB

Pengamat: Erick dan Ganjar Mampu Jalani Tugas Khusus Presiden Bidang Agraris

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat: Erick dan Ganjar Mampu Jalani Tugas Khusus Presiden Bidang Agraris

MI/Haryanto
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

PAKAR Studi Agraria dan Pengelolaan Hutan berbasis Masyarakat dan Ekologis Noer Fauzi Rachman, menilai Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mampu menjalani tugas Presiden Joko Widodo di bidang agraris, yang berkaitan dengan pemanfaatan hutan milik negara termasuk milik BUMN, hutan Perhutani oleh rakyat.

Noer Fauzi Rachman juga mengatakan Jokowi memberi  penugasan khusus kepada Erick Thohir untuk mengkordinir segala usaha  untuk peningkatan produktivitas dan perbaikan ekologi dari tanah negara yang diberikan  berupa hak milik kepada kelompok rakyat, dan hutan sosial yang diberikan hak pemanfaatannya kepada kelompok rakyat.

"Menteri BUMN dapat memberi penugasan dan orkestrasi terhadap BUMN-BUMN dalam bidang pembibitan, teknologi pertanian, pengolahan pangan, farmasi hingga kehutanan, untuk   bekerja sama (bukan hanya sama-sama kerja)," kata Noer Fauzi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/6).

Dia menambahkan, Erick dapat membentuk unit Project Manajemen Office (PMO) yang sanggup bekerja cepat dan dengan metodologi yang tepat untuk mampu membangkitkan partisipasi rakyat, dan memanfaatkan pengetahuan, teknologi dan sumberdaya BUMN.

"Misalnya, penyediaan bibit, pupuk, asistensi teknis, skema-skema permodalan, sarana, pendidikan dan latihan, dan sebagainya," ujarnya.

"Jangan mengulang sentralisme dan model pembangunan  revolusi hijau panca usaha tani yang justru berakibat buruk berupa hilangnya bibit-bibit asli, pengetahuan dan teknologi lokal dalam pembibitan, penanaman, pembuatan pupuk alami, pemeliharaan, pengendalian hama secara biologis, pemanenan hingga paska panen," lanjutnya.

Sementara, kata dia, Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah, dan wakil pemerintah pusat di provinsi, telah ditugaskan untuk menjadikan Jawa Tengah sebagai wilayah pertama yang paling siap  menyongsong dan menjalankan apa-apa yang diorkestrasi oleh unit PMO yang dibentuk dan dipimpin langsung oleh Menteri BUMN tersebut.

"Tugas ini tidak sulit bagi Erick Thohir lakukan dalam posisi, kewenangan dan track record kompetensinya sebagai Menteri BUMN. Dan begitu pula untuk mengawali kerja PMO itu dengan kewenangan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Kemendagri Terima Masukan Kendala Satuan Linmas dari Berbagai Daerah

Baca Juga

MI/ Susanto

Kejagung Periksa Dua Pegawai BUMN terkait Korupsi Dua Palma

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:18 WIB
Estimasi kerugian keuangan dan perekonomian negara yang ditimbulkan kasus Duta Palma mencapai Rp78...
MI/Susanto

Kejagung Periksa Lima Saksi Korupsi di PT Waskita Beton Precast Tbk

👤Sri Utami 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:07 WIB
DIREKTUR Utama PT Waskita Beton Precast Tbk FX Purbayu Ratsunu (FPR) diperiksa terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan...
dok.ist

Kuasa Hukum Nizar Dahlan Bantah Pernyataan KPK di Praperadilan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:39 WIB
KADER senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Nizar Dahlan bersama kuasa hukumnya Rezekinta Sofrizal menanggapi jawaban KPK dalam sidang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya