Kamis 12 Mei 2022, 23:05 WIB

1.134 Anggota NII di Sumbar Cabut Bai'at

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
1.134 Anggota NII di Sumbar Cabut Bai

Dok Humas Polri
Pencabutan Bai'at anggota NII di Sumbar

 

ANGGOTA kelompok teroris Negara Islam Indonesia (NII) di Sumatra Barat (Sumbar) yang mencabut bai'at bertambah 225 orang per Kamis (12/5). Sebelumnya, ada 391 orang di Kabupaten Dharmasraya dan 518 orang di Kabupaten Tanah Datar yang mencabut bai'at.

"Seluruhnya yang sudah melakukan cabut ba'iat sejumlah 1.134," kata Kapolda Sumbar Irjen Teddy Minahasa dalam keterangan tertulis.

Teddy menghadiri langsung prosesi pencabutan bai'at massal dan pengucapan sumpah setia jilid III kepada NKRI di Aula Kantor Bupati Lima Puluh Kota. Sebelumnya, dia memberikan tenggat waktu kepada anggota NII untuk mencabut bai'at hingga Jumat, 20 Mei 2022.

"Tenggang waktu yang saya berikan sampai 20 Mei, Alhamdulillah sebelum sampai 20 Mei seluruhnya telah cabut ba'iat," ujar Teddy

Teddy menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada mantan anggota NII tersebut. Karena dengan kesadaran tinggi kembali menyatakan kesetiaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya seluruh anggota NII yang telah sadar tanpa dipaksa-paksa menyatakan setianya kepada NKRI," ucap Teddy.

Teddy mengatakan eks NII itu akan menjalani pembinaan dan pengawasan serta monitoring secara bersama-sama dengan stakeholder dan juga elemen bangsa. Guna mencegah dan menangkal segala bentuk paham radikal yang merongrong kesaktian Pancasila dan mengganggu keutuhan NKRI lewat anak bangsa tersebut.

"Itu menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama seluruh elemen bangsa," pungkas mantan ajudan Wapres Jusuf Kalla itu. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

KPK Temukan Bukti Suap Wali Kota Ambon yang Sengaja Dibakar

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Selasa 24 Mei 2022, 07:54 WIB
Salah satu dokumen sengaja dimusnahkan oleh pegawai Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Ambon saat penyidik mencari barang...
Dok MI

Member DNA Pro Mengaku Terbantu Digital Trading

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 07:30 WIB
Mereka berharap adanya proses regulasi dan pembinaan terhadap usaha digital trading di...
Antara

KPK: Richard Louhenapessy Diduga Ikut Campur Tentukan Pemenang Lelang

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 23 Mei 2022, 23:30 WIB
 Informasi ini diketahui saat KPK memeriksa 16 saksi pada Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya