Selasa 26 April 2022, 20:39 WIB

Survei Capres: Prabowo Posisi Teratas, Namun Stagnan

Sri Utami | Politik dan Hukum
Survei Capres: Prabowo Posisi Teratas, Namun Stagnan

Antara
Prabowo Subianto saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR.

 

NAMA Menteri Pertahanan Probowo Subianto masih berada di posisi teratas dalam tingkat popularitas calon presiden (capres) 2024. 

Dia meraup suara publik 98,1% berstatus tahu dan 76,0% menyatakan suka. Posisi Prabowo disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, yakni 88,0% tahu dan 77,1% suka. 

Lalu, pada posisi ketiga, ada Menteri Parekraf Sandiaga Uno dengan 76,0% tahu dan 89,0% suka. Berikut, Gubernur Jawa Barat Ganjar Pranowo dengan 72,9% tahu dan 86,2% suka. 

Baca juga: Survei: Elektabilitas Erick Thohir Mulai Melesat

Direktur Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan sejumlah nama yang muncul dalam survei tersebut, memiliki tingkat popularitas dan tingkat kesukaan yang variatif. Hal ini menunjukkan tingkat elektabilitas yang berbeda.

"Misalnya Prabowo, tingkat dikenalnya sudah maksimum. Hampir semua orang Indonesia kenal. Ini yang menjelaskan mengapa buat pendukung Prabowo, untuk mensukseskan beliau perlu kerja ekstra keras," ujar Burhanuddin, Selasa (26/4). 

"Untuk menaikkan elektabilitas Prabowo, ruangnya tidak lagi popularitas, karena semua orang sudah kenal. Tapi bagaimana meningkatkan persepsi positif terhadap Prabowo," imbuhnya.

Baca juga: Jangan GR, Ini Data Terkini Elektabilitas Partai dan Capres 2024

Dalam Hasil Survei Nasional Indikator Politik Indonesia pada 14-19 April, menunjukkan tingkat popularitas Prabowo tergolong maksimal. Sedangkan, Anies dan Ganjar mengalami peningkatan kepopularitasan. Ruang menaikan elektabilitas keduanya pun masih sangat terbuka

"Tingkat kesukaan publik kepada Ganjar dan Anies sedikit turun, tapi relatif stagnan, termasuk Prabowo. Di luar tiga nama teratas ada Ridwan Kamil, Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Agus Harimurti dan Erick Thohir," terang Burhanuddin. 

"Terlihat tingkat eksposur terhadap Sandiaga Uno agak sedikit turun dan tingkat kepopularitasan Erick naik. Elektabilitas Erik meningkat karena popularitasnya meningkat," katanya.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok.MI

Formappi: Fungsi Legislasi DPR Biasa Saja

👤Indriyani Astuti 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:47 WIB
Delapan RUU lainnya, ujar Lucius, merupakan RUU Kumulatif Terbuka yang semuanya terkait undang-undang provinsi (5 RUU) dan daerah otonomi...
Dok MI

Esok Tiba di Tanah Air, Surya Darmadi Siap Ikuti Proses Hukum

👤Ant 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:21 WIB
Juniver mengatakan Surya sudah bersurat kepada Jaksa Agung ST Burhanuddin dan jajaran pimpinan Kejagung perih kesiapannya...
ANTARA/M Risyal Hidayat

Eks Pengacara Bharada E: Ada Intervensi untuk Mencabut Surat Kuasa

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:05 WIB
Diyakini Deolipa, terdapat kode yang disampaikan Bharada E lewat tanda tangan pada surat pencabutan kuasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya