Selasa 28 September 2021, 15:03 WIB

MKD: Proses Pergantian Azis akan Berlangsung Cepat

Putra Ananda | Politik dan Hukum
MKD: Proses Pergantian Azis akan Berlangsung Cepat

MI/M. Irfan
Ilustrasi sidang Mahkamah Kehormatan Dewan

 

WAKIL Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Habiburokhman menjelaskan bahwa proses penggantian Azis Syamsuddin dari kursi wakil ketua DPR akan berlangsung cepat. Azis dipastikan telah mengajukan peemohonan pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR karena terlibat kasus dugaan korupsi penganan perkara di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Saya pikir kan ini tinggal administrasi, tetapi secara prinsip diyakini bahwa yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai wakil ketua DPR," ungkap Haiburohman di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (28/9). 

Baca juga: Buron Kasus Pendudukan Kawasan Hutan Ditangkap Tim Kejagung 

Partai Golkar dikabarkan telah menunjuk Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar Lodewijk sebagai Wakil Ketua DPR pengganti Azis. Saat ini DPR tengah menunggu surat resmi penggantian Azis. Surat tersebut akan dirapatkan ke Badan Musyawarah untuk disetujui oleh MKD. 

"MKD tinggal approved saja, karena tidak ada masalah lagi secara etik dan kehormatan. Dari Bamus nanti ditetapkan di paripurna," tutur Habiburohman. 

Habiburohman menjelaskan, tanpa mengajukan pengunduran diri, status Azis sebagai Wakil Ketua DPR pun otomaris akan non-aktid apabila berstatus sebagai terdakwa di dalam peesidangan. MKD memberi respon positif terhadap pengunduran diri Azis .

"Saya pikir itu posiitf sekali ya, juga apa namanya beliau tentu bisa berkonsentrasi di masalah hukum beliau, diselesaikan membela diri. Kedua juga mengurangi tekanan kepada DPR secara institusi," ungkapnya. 

Kasus korupsi Azis diakui oleh Habiburohman berdampak langsung terhadap citra DPR sebagai lembaga negara. Menurut Habiburohman proses adminsitrasi penggantian Azis akan selesai dalam waktu 1 minggu. MKD tidak memberi tenggat waktu khusus terkait proses penggantian Azis.

"Praktiknya selama ini cepet yah yang begituan, jadi tenggat waktu saya sampai gak ngeh ada atau tidak (tenggat waktu) karena biasanya cepat sekali, langsung dalam hitungan minggu sudah selesai," tegasnya. (OL-6)

Baca Juga

Antara

KPK Yakin Integritas Dewas Soal Kabar Penyuapan Lili Pintauli

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 04 Juli 2022, 14:09 WIB
Lili Pintauli Siregar dikabarkan berupaya menyuap Dewas KPK terkait pelanggaran...
Antara

KIB Masih Buka Pintu untuk Partai Lain

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:37 WIB
"Pada dasarnya kita terbuka, sifatnya inklusif. Kita terbuka terhadap partai-partai lain dan komunikasi masih terus berjalan,"...
MI/Arya Manggala

PDI-P Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 12:17 WIB
DPP PDI Perjuangan belum memikirkan nama pengganti untuk menjadi calon pengganti Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, yang meninggal dunia pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya