Sabtu 14 Agustus 2021, 16:08 WIB

Mulai Dilirik Masyarakat, Elektabilitas Erick Thohir Naik

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Mulai Dilirik Masyarakat, Elektabilitas Erick Thohir Naik

MI/Susanto
Erick Thohir

 

SEJUMLAH politisi ramai-ramai memasang baliho berisi wajah mereka di sejumlah pinggir jalan dan tempat umum. Pesannya menyiarkan niat maju di pemilihan presiden 2024.

Sayangnya, langkah yang dilakukan di tengah rakyat yang sedang dihimpit dampak pandemi covid-19 tidak berbanding lurus dengan capaian elektabilitas. Sebaliknya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang tidak menerapkan langkah serupa dan fokus bekerja di bawah arahan Presiden Jokowi malah mendulang elektabilitas.

"Tokoh-tokoh yang mulai dilirik masyarakat, yaitu Menteri BUMN Erick Thohir. Elektabilitas Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo dan Maruf Amin pada pemilu 2019 itu sebesar 4,7%. Angka itu naik dibandingkan hasil survei pada April 2021 yang hanya 0,2%," ungkap Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah pada diskusi virtual bertajuk Pandemi dan Konstelasi Politik 2024, Sabtu (14/8).

Hadir pada kesempatan itu Politisi Golkar Melki Laka Lena, Politisi Gerindra Habiburokhman, Politisi Demokrat Syarief Hasan, Politisi PAN Viva Yoga Muladi dan Politisi PKB Jazilul Fawaid.

Menurut Dedi, elektabilitas Erick di tengah tokoh politik ramai-ramai memasang baliho mampu naik hampir mendekati raihan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Baca juga: Formappi Nilai Kinerja DPR Kurang Produktif

Dia membeberkan sejumlah penyebab elektabilitas Ketua Indonesian Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) itu meroket tajam dalam beberapa bulan terakhir. Salah satunya, program-program yang dibuat Erick sebagai Menteri BUMN sangat populis.

"Tanpa harus pasang baliho, tanpa harus promosi politik, dan juga bukan politisi tapi punya elektabilitas cukup progresif, jadi menurut saya temuan ini layak untuk didiskusikan," sebut dia.

Angka elektabilitas tersebut terungkap dalam survei IPO terhadap 1.200 responden pada 2-10 Agustus 2021. Adapun pemilihan responden menggunakan teknik multistage random sampling. Tingkat akurasi survei mencapai 97 persen. Sedangkan pengukuran kesalahan atau sampling error sekitar 2,5 %.

Menurut Dedi Erick menempati posisi ketujuh dari 10 besar tokoh potensial di 2024. Pertama ditempati Gubernur Jakarta Anies Baswedan dengan 18,7%, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 16,5%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno 13,5 %, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 9,9%, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto 7,8 %, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 6,2%, Erick Thohir 4,7%, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 3,6%, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto 2,5% dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan 1,9%. (OL-4)

Baca Juga

MI/M. Irfan

Menkumham Sambut Pengesahan UU Kejaksaan dan Pembentukan Pengadilan Tinggi di Daerah 

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 07 Desember 2021, 22:40 WIB
Yasonna mengatakan perubahan Undang-Undang tentang Kejaksaan tersebut menjadi salah satu prioritas utama demi mewujudkan negara hukum yang...
dok.ist

Tuti Kuspiati Halim Adukan Dugaan Intervensi Jenderal ke Komisi 3 DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:48 WIB
TUTI Kuspiati Halim, wanita paruh baya yang diduga mengalami kekerasan psikis oleh Wawan  alias Wan Hok, mengadu ke Komisi III DPR...
Antara

PPKM Level 3 Batal, Muktamar NU ke-34 Digelar 23-25 Desember 2021

👤Akhmad Mustain 🕔Selasa 07 Desember 2021, 21:48 WIB
Keputusan ini diambil karena pemerintah mencabut pemberlakuan PPKM level 3 secara nasional pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya