Minggu 01 Agustus 2021, 20:43 WIB

Wapres Minta Bangsa Kembali Tumbuhkan Kekuatan Nasional

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Wapres Minta Bangsa Kembali Tumbuhkan Kekuatan Nasional

Mi/Adam Dwi
Wapres, KH Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap semangat persatuan dan kesatuan bangsa, serta semangat kebangkitan nasional dari para pendiri bangsa dapat terus dipraktikan dalam menghadapi berbagai tantangan khususnya pandemi covid-19.

Wapres mengatakan, untuk menghadapi situasi seperti saat ini, bangsa Indonesia perlu menumbuhkan kembali kekuatan nasional yang pernah dimiliki ketika memperjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Andaikan bangsa Indonesia mampu menumbuhkan semangat itu, apapun tantangan yang dihadapi pasti akan dapat diatasi bersama," ujar Wapres saat memberikan tausiah dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 76 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar secara daring, Minggu (1/8).

Hadir pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo, para menteri kabinet Indonesia Maju, tokoh-tokoh lintas agama, dan perwakilan kepala daerah

Wapres lebih lanjut menyampaikan, teladan lain yang dipraktikan para pendiri bangsa yakni rasa cinta tanah air yang membuat pejuang bersatu-padu, mempertahankan kemerdekaan.

Baca juga : KPU RI Siapkan Enam Model Varian Surat Suara Simulasi Pemilu 2024

 Ia mencontohkan, salah satunya dilakukan oleh pahlawan nasional K.H Hasyim Asy'ari yang mempelopori Resolusi Jihad dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Disampaikan Wapres, para pendiri bangsa dalam pembukaan UUD 1945 menyatakan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dapat dicapai tidak hanya didorong oleh keinginan luhur, tapi juga hasil perjuangan bangsa Indonesia, serta berkat rahmat Allah. Wapres menilai penepatan ungkapan berkat rahmat Allah menunjukkan betapa pentingnya peran rahmat Tuhan Yang Maha Esa.

"Munculnya keberanian, semangat perjuangan dan kebangkitan nasional merupakan rahmat Allah," ucap Wapres.

Rahmat lain yang diberikan, imbuhnya, yakni munculnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Menurut Wapres, bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku, akhirnya mampu menyatukan barisan karena anugrah dari Allah SWT.

Karena rahmat Yang Maha Kuasa pula, sambung Wapres, para pemimpin bangsa berhasil membangun kesepakatan nasional dan menjadikan Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai landasan dalam berbangsa dan bernegara. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK PUSPEN TNI

Pengamat Menilai Anggota Komisi I DPR Gagal Paham Soal Bakamla

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:52 WIB
Untuk pertahanan sudah jelas ada TNI AL yang mengawal pertahanan dan kedaulatan NKRI di laut dan telah sesuai dengan UU No 5 tahun...
Dok.NasDem

Fraksi NasDem Bahas Revisi Perpres No. 33 Tahun 2020

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:38 WIB
Workshop ini diharapkan dapat meningkatkan fungsi pengawasan DPRD terhadap pembangunan berkelanjutan di setiap...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Kasal Yudo Margono Sebut Kedisiplinan Kunci SDM Bermutu

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 26 September 2021, 13:09 WIB
Laksamana TNI Yudo Margono menegaskan generasi muda mesti memiliki kedisiplinan yang tinggi. Dengan karakter itu akan banyak memupuk para...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya