Sabtu 31 Juli 2021, 14:09 WIB

Pemberantasan Korupsi Tetap Jalan di Tengah Keterbatasan

Sri Utami | Politik dan Hukum
Pemberantasan Korupsi Tetap Jalan di Tengah Keterbatasan

MI/Susanto
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Jakarta.

 

PANDEMI Covid-19 berdampak hampir pada seluruh aktivitas masyarakat, termasuk upaya pemberantasan korupsi yang dilakukan Komisi Pemberansan Korupsi (KPK).

Plt Juru Bicara KPK Bidang Penindakan Ali Fikri mengatakan trisula strategi pemberantasan korupsi melalui upaya pencegahan, penindakan, dan pendidikan antikorupsi butuh berbagai penyesuaian teknis pelaksanaannya.

"Melihat kasus positif Covid-19 yang masih relatif tinggi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali yang menimpa beberapa pegawai KPK, mengharuskan kami menyesuaikan kondisi tersebut selain pertimbangan kondisi internal dan eksternal. Karena upaya pemberantasan korupsi tentunya juga melibatkan pihak-pihak eksternal KPK," ujarnya, Jumat (30/7).

KPK sambung dia meminimalisasi mobilitas pegawai turun langsung ke lapangan. Sehingga program kegiatan sebagian besar telah beralih ke daring. Meski dalam beberapa hal tetap butuh dilakukan temu fisik sehingga pelaksanaannya pun sering menemui terkendala.

"Pada proses penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan suatu perkara, ada beberapa hal yang tetap butuh tim KPK turun langsung ke lapangan. Misalnya, untuk menghimpun keterangan dan alat bukti"

Dalam situasi pandemi dan keterbatasan personel KPK memastikan pemberantasan korupsi tetap berjalan.

"Kami tetap melakukan rangkaian sidang dakwaan, tuntutan, dan putusan yang sebagian telah beralih melalui daring. Kami juga tetap melakukan upaya-upaya penyelidikan dan penyidikan melalui case building guna mengungkap terangnya suatu perkara," tukasnya. (Sru/OL-09).

Baca Juga

Dok.MI

Benny Tjokro Tukar Dana Pengembalian Saham dengan Kavling Senilai Rp702 Miliar

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 21 September 2021, 17:58 WIB
Dari Rp802 miliar, Benny hanya mengembalikan uang tunai sebesar Rp100 miliar. Sedangkan sisanya, Rp702 miliar, ditukar dengan 2.338 unit...
MI/Andri Widiyanto

Anies Harap Pemeriksaan di KPK Bantu Pengusutan Kasus Munjul

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 21 September 2021, 17:37 WIB
Meski tidak menjelaskan lebih detail terkait keterangan yang diberikan kepada penyidik, namun Anies menyebut ada delapan pertanyaan dalam...
Ilustrasi

PKB Minta Pemilu 2024 tidak Berdekatan dengan Pilkada

👤Putra Ananda 🕔Selasa 21 September 2021, 17:26 WIB
Tidak direvisinya Undang-Undang (UU) Pemilu dan Pilkada dikatakan oleh Luqman berimplikasi pada teknis pemilihan waktu Pemilu Serentak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Awas Banjir Mengancam Kota Jakarta

KEKHAWATIRAN selalu menyelimuti sebagian warga Provinsi DKI Jakarta jika musim hujan kembali datang.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya