Rabu 20 Januari 2021, 14:15 WIB

Komjen Listyo : Anggota tak Perlu lagi Lakukan Tilang

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Komjen Listyo : Anggota tak Perlu lagi Lakukan Tilang

Antara
Komjen Listyo Sigit Prabowo

 

KOMJEN Listyo Sigit Prabowo tidak ingin ada lagi anggota polisi lalu lintas (polantas) yang melakukan penilangan terhadap masyarakat di jalan raya. Sebab, sudah ada kamera elektronik atau e-TLE.

"Ke depan, saya harapkan anggota lalin turun ke lapangan, kemudian mengatur lalin yang sedang macet, tidak perlu melakukan tilang. Ini kita harapkan menjadi icon perubahan perilaku Polri, khususnya di sektor pelayanan lini terdepan yaitu anggota kita di lalin," kata Listyo saat memaparkan program kerjanya dalam agenda fit and proper test calon Kapolri di Ruang Sidang Komisi III DPR, Jakarta, Rabu (20/1).

Listyo mengatakan penindakan pelanggaran lalu lintas (lalin) secara bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektronik atau e-TLE. Tujuannya untuk mengurangi interaksi dalam proses penilangan.

Baca juga : Fraksi NasDem Minta Listyo Buat Formula Baru Tangani Teroris Poso

"Guna menghindari terjadinya penyimpangan saat anggota melaksanakan proses tersebut," ujar jenderal bintang tiga itu.

Listyo dipilih oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kapolri dari lima nama usulan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Tahap selanjutnya ialah proses pemberian persetujuan sesuai mekanisme internal DPR.

Mekanisme terdiri dari Rapat Pimpinan, Rapat Badan Musyawarah, dan pemberitahuan masuknya Surat Presiden tentang Pencalonan Kapolri. Kemudian, DPR menugaskan Komisi III melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Proses itu akan ditempuh selama 20 hari sejak supres diterima anggota dewan.  (OL-2)

 

Baca Juga

Ist/DPR

Sahroni Nilai Kehadiran Polisi Virtual Dapat Lindungi Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 08:59 WIB
Ahmad Sahroni menilai kehadiran polisi virtual justru dilakukan untuk melindungi masyarakat dari konten yang dapat menimbulkan...
Ist/DPR

Puan Maharani: Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 08:52 WIB
Puan menegaskan Puskesmas memegang peranan penting dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Kini, kasus Covid Indonesia mencapai 1,33...
AFP

Kasus HAM Sulit Selesai, Komjak Soroti Landasan Hukum

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 04:50 WIB
Komjak mendorong pemerintah dan DPR untuk merumuskan landasan hukum dalam bentuk undang-undang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya