Kamis 16 Juli 2020, 05:51 WIB

Disiapkan Dana Rp28 Triliun Bantu 12 Juta Pedagang Kecil

Pra/X-10 | Politik dan Hukum
Disiapkan Dana Rp28 Triliun Bantu 12 Juta Pedagang Kecil

ANTARA Foto/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo Beri Modal Kerja Rp2,4 Juta untuk Pedagang Kecil

 

PEMERINTAH akan menggelontorkan dana sebesar Rp28 triliun untuk dibagikan kepada 12 juta pedagang kecil di seluruh Tanah Air.

Tiap-tiap pedagang akan memperoleh bagian sebesar Rp2,4 juta, yang diharapkan dapat digunakan sebagai tambahan modal usaha.

“Bapak, Ibu sekalian, ini bantuan modal kerja dari pemerintah. Isinya Rp2,4 juta. Tolong nanti dihitung. Jangan sampai ada yang kurang satu
rupiah pun,” ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan bantuan modal kerja kepada pelaku usaha mikro di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, kemarin.

Penyaluran bantuan tersebut akan dilaksanakan secara berkala di seluruh provinsi di Indonesia. “Ini akan dibagikan kepada 12 juta pedagang kecil yang ada di seluruh Tanah Air.

Bapak, Ibu sangat beruntung termasuk yang pertama mendapatkan,” tutur Jokowi.

Agus, salah satu pedagang kopi keliling yang hadir di Istana Bogor untuk menerima modal tambahan, mengaku senang dengan adanya bantuan tersebut.

Pembatasan sosial karena pandemi covid-19 telah membuat penjualannya merosot tajam dari yang semula rata-rata Rp400 ribu per hari menjadi hanya di bawah Rp100 ribu per hari.

“Sehari kalau normal dapat semuanya Rp400 ribu. Sekarang boro-boro, Rp50 ribu saja susah,” ujar Agus.

Presiden mengatakan dirinya mengetahui secara langsung kondisi usaha kecil dan mikro saat ini. Karena itu, dia mengundang secara langsung para pelaku usaha kecil dan mikro ke Istana Bogor untuk dapat berdiskusi.

Presiden pun meminta masyarakat bersabar dalam menghadapi cobaan berat yang terjadi saat ini. Tidak hanya Indonesia, semua negara di dunia juga mengalami hal serupa, bahkan negara-negara maju sekelas Amerika Serikat, Inggris, dan Italia.

“Memang ini dialami oleh semua negara, tidak hanya Indonesia, tetapi 215 negara di dunia. Persis seperti apa yang kita alami. Yang kecil kena, yang besar juga kena,” ucapnya.

Namun, Kepala Negara juga meminta masyarakat untuk terus berjuang dan tidak patah semangat. “Jadi, sekali lagi, jangan patah semangat. Jangan karena kondisi ini usaha keras kita menjadi turun. Tidak. Kita harus bekerja keras. Ini adalah sebuah situasi cobaan dari Allah yang memang harus kita hadapi dengan kerja keras,” tandasnya. (Pra/X-10)

Baca Juga

Antara

DPR Sebut KPK tidak Bisa Asal Pecat Pegawai

👤Putra Ananda 🕔Jumat 14 Mei 2021, 17:14 WIB
Komisi III DPR RI akan menggelar rapat dengar pendapat dengan pimpinan KPK, untuk memperjelas status 75 pegawai yang gagal tes...
MI/Apul Iskandar

Sebabkan Banjir, Anggota DPR RI Minta Illegal Logging Diberantas

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:29 WIB
Ia mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Menteri LHK) Siti Nurbaya Bakar untuk segera turun langsung memberantas illegal...
AFP

DPR Dorong Pemerintah Terjunkan Pasukan Perdamaian ke Palestina

👤Putra Ananda 🕔Jumat 14 Mei 2021, 16:11 WIB
Sukamta berharap pemerintah RI untuk sekuat tenaga bisa mendorong PBB menerjunkan pasukan perdamaian untuk mencegah terjadinya konflik yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya