Selasa 07 Mei 2019, 12:05 WIB

Demokrat Sebut Prabowo-Sandi Tahu Siapa Setan Gundul

M Sholahadhin Azhar | Politik dan Hukum
Demokrat Sebut Prabowo-Sandi Tahu Siapa Setan Gundul

MI/ BARY FATHAHILAH
Ferdinand Hutahaean

 

KETUA Divisi Advokasi Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean tidak tahu soal setan gundul'yang disinggung Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief. Namun, dia yakin pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, paham betul siapa yang memberikan data terkait kemenangan 62% itu.

"Sekarang yang paling tahu adalah Pak Prabowo dan Bang Sandi karena Andi Arief pun saya yakin enggak tahu siapa setan gundul itu," kata Ferdinand saat dihubungi, Selasa (7/5).

Menurut dia, setan gundul adalah julukan Andi Arief pada pemberi data kemenangan kepada pasangan calon nomor urut 02 itu.

Itu bukan berarti Andi mengetahui siapa sosok pemasok data tersebut, apalagi jika dikaitkan dengan malam deklarasi kemenangan Prabowo.

"Kalau lihat di situ banyak sekali yang berdiri, ada kelompok ulama, dari partai juga ada, dari lain-lain juga ada," imbuh Ferdinand.

Baca juga: BPN Tuding Setan Gundul Demokrat Bikin Tensi Politik Meninggi

Kemarin, calon wakil presiden Sandiaga Uno mencoba mencari tahu tentang setan gundul yang diungkap Andi Arief. Sandiaga mengulas momen ketika deklarasi kemenangan Prabowo Subianto yang mengeklaim mendapat 62% suara.

"Kalau ada yang berikan masukan ke Pak Prabowo ya orang-orang itu yang ada di depan sana (saat deklarasi)," ujar Sandiaga di kediamannya, Jakarta Selatan, Senin (6/5) malam.

Menurut Sandi, dirinya tidak tahu persis siapa yang dimaksud setan gundul oleh Andi Arief. Sebab ketika deklarasi, dirinya tidak bergabung dengan Prabowo.

Sandiaga mengalami cegukan dan izin undur diri dari deklarasi. Kala itu, ia beristirahat di kamar untuk meredakan cegukan. Sandiaga malah berkelakar soal Yuga, asisten pribadinya, yang kebetulan gundul.

"Setahu saya yang gundul pada hari itu, tanggal 17 April, cuma Yuga saja. Yang ada di dalam Kertanegara (rumah Prabowo), ya siapa yang lain yah. Ya enggak ada. Kalau Pak Amien Rais (politikus Partai Amanat Nasional) rambutnya banyak,” beber Sandiaga. (Medcom/OL-2)

Baca Juga

DOK.MI

Menkopolhukam Diminta Evaluasi Hakim MA hingga PN

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:38 WIB
Hukum identik dengan peradilan sehingga untuk melakukan reformasi hukum perlu upaya menjunjung tinggi keadilan yang adil...
ANTARA/ Fakhri Hermansyah

Polisi Serahkan Pimpinan Khilafatul Muslimin ke Kejaksaan Hari Ini

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:11 WIB
Begitu sudah tahap 2, berarti proses sidik sudah selesai tinggal penyerahterimaan tersangka maupun barang bukti ke Kejaksaan Negeri Bekasi,...
AFP

Soal Gas Air Mata di Kanjuruhan, Polri: Materi Sedang Didalami

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 17:07 WIB
Polri masih mendalami berbagai eskalasi insiden mematikan di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang sebelumnya berlangsung laga Arema FC kontra...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya