Kamis 02 Mei 2019, 19:30 WIB

LSI: Pertama Kali, Golput pada Pilpres Menurun

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
LSI: Pertama Kali, Golput pada Pilpres Menurun

MI/Susanto
PENELITI Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa

 

PENELITI Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ardian Sopa mengatakan berdasarkan hitung cepat yang dilakukan lembaganya, angka golput pada Pilpres 2019 menurun. Ia mengatakan angka golput kali ini menjadi yang paling rendah sejak Pilpres 2004.

"Sejak 2004 hingga 2014, golput saat pilpres selalu meningkat. Namun, pada pilpres kali ini, untuk pertama kalinya golput diprediksi menurun," kata Ardian ketika konferensi pers di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (2/5).

Ia merinci pada pilpres kali ini angka golput berada pada kisaran 19,24%. Angka ini jauh dibandingkan dengan pilpres 2004 sebesar 23,3%, pilpres 2009 sebesar 27,45%, dan pilpres 2014 sebesar 30,42%.

Ardian menjelaskan beberapa faktor penyebab turunnya angka golput pada pilpres kali ini. Pertama, adanya mobilisasi dan seruan untuk tidak golput yang dilakukan pendukung kedua kubu.

"Pendukung Jokowi dan Prabowo di akar rumput bekerja ekstra di hari-hari akhir kampanye," imbuhnya.

Baca juga: Masyarakat Diimbau tidak Golput demi Kemajuan Indonesia

Kemudian Ardian mencatat adanya gerakan antigolput dari beragam komunitas masyarakat yang menekankan pentingnya memilih presiden dan wakil presiden. Gerakan ini sebagai upaya untuk legitimasi pemimpin yang terpilih serta berkontribusi dalam jalannya demokrasi.

Selain itu, Ardian mengatakan adanya peningkatan partisipasi pemilih dari kalangan agama minoritas akibat kekhawatiran dari gerakan 212. Pihaknya mencatat aneka gerakan antigolput atau civil society mengungkap memilih untuk kemajuan demokrasi.

"Untuk legitimasi yang makin kuat kita harus datang ke tps, tentu tidak hanya disuarakan oleh satu dua civil society tapi juga semuanya yang peduli terhadap demokrasi," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Medcom.id

Parlemen Patuhi Tenggat

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 01:50 WIB
DPR menjamin mekanisme pemilihan Kapolri di parlemen rampung sebelum tenggat 20 hari sejak surat dari Istana...
Mi/Susanto

33 RUU Berlanjut, Termasuk RUU Minol

👤Sri Utami 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 01:40 WIB
BADAN Legislasi (Baleg) DPR RI telah menyepakati 33 rancangan undang-undang (RUU) masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas...
MI/MOHAMAD iRFAN

MKD DPR RI Mulai Periksa Fadli Zon Pekan Depan

👤Sri Utami 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 01:35 WIB
MAHKAMAH Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI akan memanggil anggota Komisi I dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon, pekan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya