Selasa 16 April 2019, 19:30 WIB

Pemilih Muda Harus Ikut Tentukan Nasib Bangsa

Pemilih Muda Harus Ikut Tentukan Nasib Bangsa

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Nasrul Abit

 

PEMILIH pemula dan pemilih muda harus ikut menentukan arah bangsa ke depan dengan memberikan hak suara pada Pemilu 2019 yang jatuh pada Rabu (17/4).

Jangan golput. Gunakanlah hak pilih sesuai keyakinan hati masing-masing," kata Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit, saat menghadiri perpisahan SMA 14 Padang, Selasa (16/4).

Ia menyebut sebagian besar lulusan SMA telah memiliki status sebagai pemilih pemula, karena itu ia mengimbau semua untuk datang ke TPS pada hari pemilihan.

Pemilih pemula merupakan pemilih cerdas yang mampu menentukan pilihan sendiri karena lebih terbuka terhadap arus informasi baik dari media arus utama maupun dari media sosial.

Baca juga: Kemenpora Imbau Generasi Milenial tidak Golput

Informasi yang mereka miliki bahkan mungkin lebih banyak dari generasi tua yang masih gagap teknologi, meski secara pengalaman mereka tentu masih kalah.

Namun ia mengingatkan agar tidak terpengaruh oleh informasi tidak benar atau hoaks yang banyak menyebar lewat media sosial. "Jangan terpengaruh dan jangan pula jadi penyebar berita tidak benar," pesannya.

Dari data KPU Sumbar, jumlah pemilih muda dengan rentang usia 20-30 tahun yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di provinsi itu sekitar 900ribu pemilih.

Sementara pemilih dengan usia kurang dari 20 tahun namun telah lebih dari 17 tahun atau pemilih pemula mencapai angka 300 ribu orang.    Angka itu cukup signifikan terutama untuk pemilihan anggota DPRD provinsi, kota, dan kabupaten. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/OLHA MULALINDA

Respons Positif dari Mereka yang Divaksinasi

👤Antara 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:29 WIB
Vaksinasi menjadi cara cepat untuk bisa mengakhiri...
Antara

KPK Dalami Bagi-bagi Mobil dari Edhy Prabowo

👤Sri Yanti Nainggolan 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:25 WIB
Santer kabar mobil itu diberikan Edhy ke pemain bulu tangkis dan...
Komjen Listyo Sigit

Listyo harus Perkuat Komitmen Pemberantasan Korupsi

👤Ant 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:57 WIB
“Ini harus jadi perhatian utama memberantas sifat koruptif di kepolisian yang cenderung menggunakan kewenangannya secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya