Selasa 26 Februari 2019, 18:03 WIB

Garnisun Jakarta Bantu Pengamanan Pemilu 2019

Golda Eksa | Politik dan Hukum
Garnisun Jakarta Bantu Pengamanan Pemilu 2019

wikipedia

 

KEPALA Staf Komando Garnisun Tetap I/Jakarta Brigadir Jenderal TNI Herianto Syahputra memastikan pihaknya telah mematangkan persiapan untuk membantu pengamanan pesta demokrasi, khususnya di wilayah Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang.

Persiapan itu ditandai dengan apel siaga tiga pilar yang melibatkan 1.500 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Pemprov DKI Jakarta. Acara tersebut rencananya dihelat di Lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta, Rabu (27/2), pukul 07.30 WIB.

Perwira tinggi TNI AD, itu mengemukakan bahwa apel gabungan merupakan bukti kesiapan aparat keamanan dan ASN untuk mengamankan pemilu, sekaligus membuktikan kerja sama lintas instansi.

"Rencana Gubernur DKI Anies Baswedan akan bertindak sebagai inspektur upacara," katanya kepada wartawan di Markas Kogartap I/Jakarta, Jl Medan Merdeka Timur Nomor 4, Jakarta, Selasa (26/2).

Mengenai teknis pengamanan, Kogartap I/ Jakarta yang berada di bawah Komando Daerah Militer Jaya/Jayakarta tetap mengikuti ketentuan dari Polda Metro Jaya. Tugas Kogartap I hanya membantu dan berkoordinasi dengan personel militer yang berada di wilayah.

Baca juga : Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Makassar

"Personel Kogartap I Jakarta yang terlibat sebanyak 460 orang. Dalam apel itu kami juga akan mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi mengamankan dan menyukseskan pemilu."

Herianto menambahkan, Kogartap I/Jakarta memiliki tugas pokok, yaitu menegakkan disiplin, hukum, dan tata tertib terhadap seluruh prajurit di matra TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, khususnya mereka yang bertugas di teritorial Kodam Jaya.

Selain itu, imbuh dia, Kogartap juga ikut andil dalam menyiapkan beberapa kegiatan rutin, semisal keprotokolan, paskibraka, upacara kenegaraan, Hari Kesaktian Pancasila, Hari Pahlawan, serta pemakaman untuk prajurit dari pangkat prajurit dua hingga jenderal. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Pimpinan KPU dan Bawaslu Digelar Bulan Depan

👤Putra Ananda 🕔Rabu 19 Januari 2022, 18:38 WIB
Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia menjelaskan kegiatan fit and proper test dilakukan di awal bulan Februari dengan harapan selesai sebelum...
DOK MI.

Kejagung Naikkan Kasus Korupsi Garuda ke Penyidikan

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:21 WIB
Pengembangan penyidikan juga akan mengarah pada pengadaan pesawat jenis Airbus, Boeing, dan mesin pesawat...
ANTARA

DPR Minta Masukan Profil Calon dari Tim Seleksi Calon KPU-Bawaslu

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:04 WIB
Anggota Komisi II dari Fraksi Golkar Ali Mufthi meminta tim seleksi memberikan makalah para...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya