Jumat 11 November 2022, 18:30 WIB

Shell Gandakan Kapasitas Produksi Pabrik Pelumas di Marunda 

Mediaindonesia.com | Otomotif
 

SHELL Indonesia (Shell) mengumumkan perluasan sekaligus peresmian Lubricants Oil Blending Plant (LOBP) di Marunda, Bekasi, yang secara otomatis meningkatkan kapasitas produksi pabrik pelumas Shell yang awalnya 136 juta liter per tahun, menjadi 300 juta liter per tahun. 

Dalam acara peresmian fasilitas LOBP Marunda terbaru ini, Menteri Perindustrian Republik Indonesia (Menperin) yang diwakili oleh Direktur Industri Kimia Hilir dan Farmasi, Saiful Bahri, menyampaikan apresiasinya atas komitmen Shell untuk memperluas investasi di Indonesia dan berinovasi untuk membantu ketersedian pelumas serta menopang pertumbuhan perekonomian nasional. 

"Kami berharap Shell dapat terus menjadi mitra strategis Pemerintah Indonesia dalam peningkatan kapasitas industri sektor pelumas di tanah air,” ungkap Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita melalui surat yang dibacakan oleh perwakilannya, Saiful Bahri, Jumat (11/11).

Fasilitas baru yang diberi nama Shell Marunda 2.0 tersebut didukung berbagai teknologi kelas dunia. Mulai dari peralatan pencampuran mutakhir (cutting-edge blending equipment), mesin pengisian berkecepatan tinggi (high-speed filling lines), dan Automatic Mobile Robot (AMR) – sebuah sistem robot pintar yang mampu menurunkan, menempatkan, dan menyusun produk pelumas dari mesin pengisian kemasan untuk membantu proses pemuatan pada truk.

Sebagai bagian dari strategi Powering Progress Shell untuk mengurangi emisi dari kegiatan operasional, pabrik ini dilengkapi dengan berbagai fitur keberlanjutan yang meliputi instalasi panel surya dan sistem penampungan air hujan (rainwater harvesting system) untuk membantu mengurangi konsumsi air.

“Indonesia adalah pasar pertumbuhan utama bagi Shell dan investasi kami dalam perluasan pabrik LOBP di Marunda merupakan bentuk kepercayaan kami terhadap pasar Indonesia. Pelumas merupakan elemen penting yang dapat mendorong pertumbuhan berkesinambungan di Indonesia, dan perluasan pabrik ini akan memperkuat rantai pasokan kami sehingga mampu melayani lebih banyak konsumen secara lebih cepat dan berkelanjutan,” ujar Shell Executive Vice President, Global Lubricants Machteld De Haan.

LOBP Marunda memproduksi beragam produk pelumas untuk berbagai kebutuhan, seperti Shell Helix (pelumas mesin mobil), Shell Advance (pelumas motor), Shell Rimula (pelumas mesin diesel heavy duty), Shell Spirax (pelumas transmisi), dan pelumas industri lainnya. 

Produk-produk ini akan mendukung kebutuhan pelumas untuk kendaraan bermotor dan sejumlah sektor lainnya seperti pertambangan, pembangkit listrik, transportasi, dan pembangunan infrastruktur yang berkembang di Indonesia.

Kebutuhan pelumas terbesar di dalam negeri hadir dari sektor otomotif, industri, dan kelautan. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengungkapkan bahwa terdapat lebih dari 800 ribu kendaraan baru yang terjual pada 2021. Sementara, data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menunjukkan bahwa lebih dari lima juta unit motor telah terjual di Indonesia pada periode yang sama. (S-4)

Baca Juga

MI/NURTJAHYADI

Mengintip Fasilitas Pembelajaran dan Pengembangan Elektrifikasi xEV Center Toyota

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 00:23 WIB
Untuk mempermudah pengunjung memahami rangkaian informasi terkait elektrifikasi, pemaparannya dibagi dalam beberapa zona yang disusun...
ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Komunitas Otomotif: Mudik Nataru, Saatnya Beralih ke BBM RON Tinggi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 20:09 WIB
Dengan perjalanan jauh, pengguna akan merasakan bahwa Pertamax tidak hanya lebih ekonomis namun juga menjaga performa...
IMG

IMG Serah Terima 10 Unit ALVA One ke 10 Konsumen

👤RO 🕔Rabu 30 November 2022, 19:12 WIB
Serah terima 10 unit motor listrik ALVA ini sekaligus menandai dimulainya pengiriman motor listrik ALVA One kepada konsumen di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya