Jumat 05 November 2021, 05:45 WIB

Ini Tips Berkendara Saat Hujan Agar Tetap Nyaman di Jalan Raya

Farrel Ardan | Otomotif
Ini Tips Berkendara Saat Hujan Agar Tetap Nyaman di Jalan Raya

ANTARA/Muhammad Iqbal
Pengendara motor berkendara di tengah hujan deras yang mengguyur Kota Tangerang di Jalan Ciledug Raya, Larangan, Tangerang, Banten.

 

 

DALAM perjalanan mungkin kita akan menjumpai beberapa situasi yang tidak terduga, seperti kondisi kendaraan yang tiba-tiba bermasalah hingga cuaca tidak menentu

Perihal kendaraan, kita bisa melakukan serangkaian pencegahan mulai dari memeriksa kondisi kendaraan sebelum perjalanan hingga service secara berkala.

Baca juga: Bosch Luncurkan Wiper Anti-Terbang

Belakangan ini, curah hujan semakin tinggi. Jangan sampai cuaca buruk tersebut sampai mengganggu rutinitas Anda. Berikut ini adalah tips kepada pengendara mobil atau motor agar aman saat berkendara:

Tips Berkendara Motor Saat Hujan     

Berkendara saat tengah hujan tentu akan berbahaya. Jarak pandang menjadi lebih pendek dan jalanan menjadi licin. Untuk itu, berkendara saat musim hujan harus ekstra hati-hati.

1. Menggunakan Jas Hujan Mode Single 

Saat hujan, gunakan jas hutan mode single agar tetap aman. Penggunaan jas hujan tandem atau kalong seringkali menyulitkan pengendara motor. Maka dari itu, lebih baik gunakan jas hujan celana sehingga lebih praktis dan nyaman. 

Jas hujan ini harus selalu ada di dalam bagasi motor agar ketika hujan datang anda tetap bisa melanjutkan perjalanan tanpa risau akan basah kuyup.

2. Jangan Mengerem Mendadak 

Jalan raya di tanah air tidak semua mulus. Masih banyak jalanan bergelombang dan berlubang yang tentu akan menggangu perjalanan Anda. 

Ketika hujan, jarak pandang menjadi semakin pendek dan jalanan berlubang akan tertutup air sehingga berbahaya untuk pengendara. 

Tidak jarang kita sering mendapati kasus kecelakaan saat musim hujan karena jalanan yang berlubang. 

Saat berkendara di musim hujan, sangat disarankan untuk tidak rem mendadak. Karena mengerem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan. Lebih baik berkendara dengan kecepatan yang minim dan menjaga jarak dengan pengendara lain agar tidak terjadi kecelakaan.

3. Nyalakan Lampu Kendaraan 

Tips berkendara motor saat hujan selanjutnya, yakni pastikan bahwa lampu kendaraan Anda nyala. Tips ini sangat disarankan untuk dilakukan saat berkendara di kala hujan lebat. 

Lampu kendaraan akan mempermudah anda melihat pengendara lain dengan jelas, dan bagi pengendara lain juga akan lebih mudah melihat Anda. Dengan demikian, risiko kecelakaan bisa dihindari. 

4. Menepi Saat Ada Masalah 

Saat bekendara di tengah hujan dan merasa ada masalah dengan motor Anda maka lebih baik menepi sejenak. Terlebih jika motor Anda sudah tua, sebaiknya saat hujan lebat atau bahkan banjir sebaiknya tidak dipaksakan untuk berkendara. 

Selain masalah kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan. Jika merasa kurang fit, sebaiknya menepi dan istirahat sejenak. Karena kondisi tubuh yang kurang sehat akan sangat berbahaya jika dipaksakan mengendari kendaraan bermotor. 

5. Waspada Saat Kerkendara 

Kondisi jalanan yang kurang baik ditambah jarak pandang yang pendek mengharuskan anda untuk tetap waspada saat berkendara. Pastikan Anda memperhatikan rambu lalu lintas dan mobilitas dari pengendara lain.

Tips Berkendara Mobil Saat Hujan

Saat hujan tiba, kewaspadaan di jalan raya tidak hanya dimiliki oleh pengendara motor namun juga harus dimiliki oleh pengendara mobil.

1. Pastikan semua lampu kendaraan berfungsi normal

Pastikan semua lampu berfungsi normal dan menggunakan bohlam standar, baik lampu senja, lampu utama, lampur kabut (jika ada) maupun lampu tanda belok /lampu sein. 

Nyalakan lampu saat kendaraan Anda melintas di hujan deras. Lampu-lampu tersebut bisa menjadi tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat kita. Gunakan lampu hazard (sein kanan-kiri yang berkedip bersamaan) jika kendaraan Anda terpaksa berhenti darurat di pinggir jalan.

2. Periksa tekanan angin dan alur ban

Pastikan tekanan ban sudah sesuai standar dan alur serta ketebalan ban luar juga masih bagus. Periksalah setidaknya seminggu sekali tekanan angin ban kendaraan Anda. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik mengurangi risiko kendaraan melayang diatas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip). Jangan ambil risiko berkendara menggunakan ban yang sudah tipis.

3. Pastikan sistem kontrol kendaraan Anda berfungsi dengan baik

Pastikan sistem kemudi, pedal gas, rem, maupun kopling berfungsi dengan baik. Beri perawatan ekstra terutama pada musim hujan ini untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang bisa mengakibatkan kecelakaan.
 
4. Kurangi kecepatan jika Anda berkendara saat hujan

Hal ini bisa mengurangi risiko ban kendaraan tergelincir (slip) akibat jalan yang licin karena air hujan yang bercampur dengan oli. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan lebih rendah memastikan semua ban menempel ke jalan dan itu membuat daya cengkram ban lebih kuat.

5. Jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lain

Hal ini dimaksudkan supaya Anda memiliki ruang lebih banyak saat menghentikan laju kendaraan untuk menghindari menabrak kendaraan lain.

6. Perhatikan putaran mesin (RPM)

Saat hujan dan jalan menanjak, jangan terlalu dalam menekan pedal gas untuk memelihara traksi roda tetap optimal. 

Untuk mesin bensin, jaga putaran di sekitar 2500 rpm dan 1.800 rpm untuk diesel. Hal ini dilakukan untuk menghindari supaya ban mobil tidak slip.

7. Jangan memaksa menerobos genangan air dalam di jalan

Jika dipaksakan melewati genangan air dalam dan air sampai terhisap masuk ke dalam mesin melalui saluran udara, mesin mobil akan mati (efek water hammer) dan Anda terjebak dalam banjir. Jika ini yang terjadi, asuransi mobil tidak menjamin perbaikannya.

8. Rencanakan rute perjalanan

Selalu rencanakan rute perjalanan Anda sebelum mulai berkendara. Hindari wilayah yang sudah pasti tergenang banjir di musim hujan. Update situasi jalan melalui siaran radio dan sebisa mungkin tidak alat komunikasi selular saat anda menjalankan kendaraan.

Itulah beberapa tips berkendara saat hujan. Jika tidak darurat, sebaiknya menghindari aktivitas berkendara saat hujan terlebih lagi jika memang jalanan yang anda lalui seringkali banjir. 

Kondisi tersebut tidak hanya berbahaya untuk keselamatan Anda, juga bisa merusak kendaraan. 

Sebagai tambahan tips, setelah berkendara di saat hujan sebaiknya kendaraan segera dicuci bersih. Hal ini untuk menghindari kerusakan dan membersihkan kotoran yang menempel di ban atau bagian kendaraan lainnya. (OL-1)

Baca Juga

TAM

TAM Serahkan 143 Unit Mobil Listrik Lexus UX-300e untuk KTT G20

👤RO 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 20:09 WIB
Totyota menghadirkan kendaraan premium Lexus UX-300e berteknologi Battery Electric Vehicle (BEV) sebagai bagian kendaraan resmi untuk...
GIIAS

Teknologi Elektrifikasi Kendaraan Meriahkan GIIAS 2022

👤RO 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 19:16 WIB
Banyak hal yang akan tersaji di GIIAS 2022, diantaranya adalah elektrifikasi otomotif yang sedang menjadi fokus bagi...
Dok. DayNightCrew

Rayakan Kemerdekaan RI, DayNightCrew Gelar Konvoi Kendaraan Mewah dan Pameran

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 17:31 WIB
Ketua DNC Jevon Andrean mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya, DNC Independence Run 2022 akan diikuti oleh ratusan motor dan mobil...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya