Sabtu 14 Januari 2023, 19:55 WIB

Loeb Pecahkan Rekor Vatanen, Al-Attiyah Hampir Pasti Juara Reli Dakar 2023

Widhoroso | Olahraga
Loeb Pecahkan Rekor Vatanen, Al-Attiyah Hampir Pasti Juara Reli Dakar 2023

AFP/Franck Fife
Sebastien Loeb

 

PEMBALAP Prancis Sebastien Loeb 'menggila' saat-saat akhir Reli Dakar 2023 yang berlangsung di Arab Saudi. Pada etape 13 sejauh 164 kilometer, Sabtu (14/1), Loeb menjadi pembalap tercepat di kategori mobil.

Ini menjadi etape ketujuh atau yang keenam secara beruntun yang dimenangi Loeb di edisi Reli Dakar 2023. Setelah memenangi etape 4, Loeb menyapu bersih kemenangan sejak etape 8 hingga etape 13.

Hal ini membuat Loeb menjadi pembalap dengan kemenangan beruntun terpanjang dalam satu edisi Reli Dakar. Rekor sebelumnya dipegang pembalap legendaris Finlandi, Ari Vatanen yang meraih lima kemenangan beruntun di Reli Dakar 1989.

Loeb menyelesaikan etape 13 dengan waktu 2 jam 26 menit 17 detik. Nasser Posisi dua ditempati pembalap Qatar Nasser Al-Attiyah yang terpaut 5 menit 28 detik disusul pembalap Swedia Mattias Ekstrom di posisi tiga.          

"Ini luar biasa. Memecahkan rekor bukanlah target saya karena saya hanya ingin mempertahankan posisi dua klasemen," jelas Loeb.

Kemenangan beruntun di enam etape terakhir memang belum cukup membawa Loeb menduduki puncak klasemen pembalap. Saat ini, Loeb masih berada di peringkat dua dengan total waktu 45 jam 9 menit 52 detik. Ia terpaut 1 jam 21 menit 42 detik dari Al -Attiyah yang masih menduduki posisi puncak. Dengan sisa satu etape yang akan berlangsung Minggu (15/1), hampir bisa dipastikan Al-Attiyah akan menjadi juara Reli Dakar 2023 atau yang kelima kali sepanjang kariernya.

Berbeda dengan kategori mobil, pesaingan ketat untuk menjadi juara kategori sepeda motor masih akan terjadi hingga etape terakhir besok. Pembalap Argentina, Kevin Benavides menjaga asa untuk merebuut gelar juara setelah memenangi etape 13.

Kemenangan ini membuat Benavides baik ke posisi dua klasemen pembalap. Ia hanya terpaut 12 detik dari pembalap Australia Toby Price yang berada di posisi puncak. Pembalap Amerika Serikat, Skyler Howes yang berada di posisi tiga juga masih berpeluang besar menjadi juara karena hanya terpaut 1 menit 31 detik dari Price. (AFP/OL-15)

Baca Juga

AFP/Stacy Revere/Getty Images

Antetokounmpo Pimpin Bucks Seruduk Hornets

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:58 WIB
Kemenangan Bucks atas Hornets ini merupakan balasan dari kekalahan yang mereka terima pada pertemuan kedua tim, 6 Januari lalu, yang...
MI/RAMDANI

Jonatan Gusur Ginting di Peringkat Dua Dunia

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 13:00 WIB
Jojo kini mengoleksi 80.612 poin, sementara Anthony di bawahnya dengan total 77.579...
Ist/Epa-Efe

IOC Buka Jalan Atlet Rusia Tampil di Olimpiade 2024, Ukraina Marah

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Rabu 01 Februari 2023, 12:10 WIB
IOC menyatakan tengah mendiskusikan agar atlet Rusia bisa tampil di Paris 2024 dengan opsi sebagai atlet netral dan tidak di bawah bendera...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya