Senin 08 Agustus 2022, 18:19 WIB

Teknik Dasar Macam-Macam Pukulan dalam Olahraga Bulu Tangkis

Meilani Teniwut | Olahraga
Teknik Dasar Macam-Macam Pukulan dalam Olahraga Bulu Tangkis

AFP/Kazuhiro Nogi.
Taufik Hidayat dari Indonesia melakukan pukulan backhand.

 

BULU tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang sangat digemari di Indonesia selain sepak bola. Nama-nama besar seperti Susi Susanti, Taufik Hidayat, Hendra Setiawan, dan sederet lainnya telah mengarumkan Indonesia di kancah dunia melalui olahraga ini. Tidak mengherankan Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan dalam olahraga bulu tangkis.

Dikutip dari berbagai sumber, terdapat tujuh macam macam pukulan dalam permainan bulu tangkis. Profesional ataupun pemula harus menguasai teknik tersebut demi mampu bermain dengan baik. Lantas, apa saja teknik pukulan yang terdapat dalam permainan bulu tangkis? Simak ulasan berikut ini.

1. Teknik forehand

Teknik forehand merupakan yang paling dasar dalam permainan bulu tangkis. Teknik ini dilaksanakan dengan cara mengayunkan raket dari belakang badan ke arah depan. Atur telapak tangan agar berada di hadapan kok. Biasanya, teknik ini digunakan dekat dengan garis belakang lapangan permainan. Hal itu bertujuan mengarahkan bola ke titik terjauh garis permainan lawan.

2. Teknik drop shot

Teknik ini membidik wilayah lawan yang berada sedekat mungkin dengan net. Karena itu teknik ini akan berguna untuk menipu lawan, sehingga pemain tersebut dapat memperoleh poin. Penting untuk melihat posisi lawan terlebih dahulu sebelum melakukan teknik ini. Ketika lawan berada jauh dari bibir net, pemain bisa melancarkan pukulan tersebut.

3. Teknik lob

Teknik pukulan yang bertujuan mengarahkan shuttlecock setinggi mungkin dan jauh ke belakang garis lawan disebut sebagai pukulan lob. Cara ini biasa juga dipakai untuk bertahan ataupun membuka peluang melancarkan serangan. Adapun cara melakukan teknik ini bisa melalui pukulan kok dari arah bawah. Jika mampu melakukannya dengan sempurna, kok nanti melambung tinggi dan mengarah ke bidang permainan lawan bagian belakang.

4. Teknik smash

Teknik ini cukup sulit dilakukan dibanding teknik lain. Namun ini merupakan teknik yang paling populer dalam permainan bulu tangkis. Cara memukulnya menggunakan kekuatan otot bahu dan lengan. Hal itu bertujuan agar kok melaju tajam dan kencang. Pukulan ini sebaiknya dilakukan ketika posisi kok berada tepat di atas pemain. Tak lupa, pastikan kok berada pada jarak yang cukup tinggi. Pukul kok tersebut menggunakan bagian tengah permukaan raket.

5. Teknik drive

Jenis pukulan yang satu ini banyak dilakukan di nomor ganda. Hal itu bertujuan mengembalikan bola setelah mendapat serangan dari lawan. Cara melakukannya yaitu mengarahkan kok ke wilayah lawan melalui laju yang cukup kencang. Shuttlecock tersebut harus melewati net dengan posisi sedikit di atasnya. Ini dibutuhkan kekuatan pergelangan tangan serta keterampilan menggunakan raket yang tinggi dalam melakukan teknik ini.

6. Teknik netting

Teknik netting merupakan pukulan yang meluncurkan shuttlecock agar dapat jatuh dekat dengan net wilayah lawan. Dibanding teknik lain, pukulan yang dilakukan cenderung lebih pendek dan mengarah tipis dari net. Namun teknik ini cukup sulit bagi pemula. Untuk melakukannya, seorang pemain diharap memiliki akurasi yang baik demi melancarkan kok melewati net dengan tepat.

7. Teknik backhand

Teknik ini merupakan yang tersulit dari keenam teknik lain. Adapun cara melakukannya dengan mengayunkan raket saat shuttlecock mengarah ke daerah sang pemain. Tubuh bagian atas harus diputar serta tangan harus diayunkan agar pukulan dapat dilakukan dengan maksimal. Teknik ini membutuhkan kerja sama dari lengan, bahu, dan tubuh bagian atas. Tak cuma itu, langkah kaki juga berpengaruh terhadap kesempurnaan teknik tersebut.

Nah, itulah tujuh teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis yang harus kalian kuasai apabila ingin menjadi atlet atau sekadar andal. Tanpa latihan yang rutin dan serius, tentu akan sangat susah menguasai teknik pukulan di atas. Jangan putus asa, tetapi tetap semangat. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Kevork Djansezian/Getty Images

James dan Davis Dipastikan Absen Bela Lakers Kontra Nets

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 Januari 2023, 08:30 WIB
James dipastikan absen karena cedera pergelangan kaki kiri. Adapun Davis, yang baru kembali bermain setelah absen selama 20 laga karena...
Dok. IISO 2023

IISO 2023 Sukses Digelar dan Lahirkan Atlet Ice Skating Muda Potensial

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 07:44 WIB
Kejuaraan terbuka yang masuk tahun ke sembilan itu bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan jam tanding para atlet, sekaligus melahirkan...
AFP/MANAN VATSYAYANA

Federer Lontarkan Pujian untuk Djokovic

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 Januari 2023, 06:45 WIB
Djokovic telah memenangkan 10 gelar Australia Terbuka, tujuh Wimbledon, tiga Amerika Serikat (AS) Terbuka, dan dua Prancis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya