Sabtu 14 Mei 2022, 18:53 WIB

Piala AFC 2023 Batal Digelar di Tiongkok

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Piala AFC 2023 Batal Digelar di Tiongkok

AFP
Stadion Zhejiang Huanglong yang berlokasi di Hangzhou, Tiongkok.

 

GELARAN turnamen sepak bola se-Asia, Piala AFC 2023, batal digelar di Tiongkok. Federasi Sepak Bola Asia AFC mengumumkan bahwa Tiongkok mundur sebagai tuan rumah lantaran kasus covid-19 yang kembali melonjak.

"AFC mengakui keadaan luar biasa pandemi covid-19, yang menyebabkan pelepasan hak tuan rumah oleh Tiongkok," demikian pernyataan resmi AFC, Sabtu (14/5).

Baca juga: WHO Sebut Kebijakan Nol-Covid-19 Tiongkok Tak Efektif

"Mereka yang terlibat dalam penyelenggaraan turnamen, telah membuat keputusan yang sangat sulit. Namun, hal tu perlu dilakukan demi kepentingan kolektif turnamen," imbuh pernyataan AFC.

Pemerintah Tiongkok diketahui berupaya menekan penyebaran virus korona yang kembali meluas. Sebelumnya, ajang Asian Games yang awalnya dijadwalkan di Hangzhou pada September, juga ditunda pelaksanaannya. 

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Asian Games Hangzhou Ditunda

Lalu, Piala AFC rencananya digelar di 10 kota di wilayah Tiongkok pada Juni-Juli tahun depan. Sementara ini, belum ada calon negara tuan rumah baru untuk menggantikan Tiongkok. 

AFC menyatakan bahwa langkah selanjutnya terkait penyelenggaraan turnamen akan diumumkan kemudian. Piala AFC merupakan ajang sepak bola terbesar di Asia, yang digelar setiap empat tahun sekali. Qatar menjadi juara edisi terakhir pada 2019.(AFP)

 

Baca Juga

MI/RAMDANI

Dokter Akui Gejala Gagal Jnatung saat Hamil Sulit Dikenali

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:45 WIB
Faktor risiko perempuan mengalami gagal jantung di masa kehamilan adalah hamil pertama di atas usia 35 tahun, hamil lebih dari tiga kali...
AFP/Thomas SAMSON

Krejcikova Batal Tampil di Nomor Ganda Prancis Terbuka karena Positif Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:27 WIB
"Tadi malam, saya sudah merasa tidak enak badan dan, pagi ini, saya bangun dalam keadaan demam. Saya memutuskan menjalani tes covid-19...
AFP/Anne-Christine POUJOULAT

Zverev Mengaku Sempat Pikirkan Liburan Saat Nyaris Tersingkir dari Prancis Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 26 Mei 2022, 05:20 WIB
"Saya sudah memikirkan berlibur ke Monaco, pergi dengan siapa, dan kemana saya akan pergi. Saya membayangkan diri saya bersantai di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya