Minggu 20 Maret 2022, 14:50 WIB

Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP

Insi Nantika Jelita | Olahraga
Kemenhub Antisipasi Lonjakan Arus Balik Penonton MotoGP

Antara
Ilustrasi penonton yang menyaksikan balapan di Sirkuit Mandalika, NTB.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) mengantisipasi lonjakan pergerakan penumpang keluar dari Lombok atau arus balik, yang puncaknya diprediksi terjadi pada Minggu (20/3) malam, atau setelah perhelatan MotoGP selesai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan para stakeholder dan operator untuk mengantisipasi hal tersebut. “Nanti malam kemungkinan terjadi puncak pergerakan penumpang dari penonton MotoGP, yang akan keluar dari Lombok," ujar Budi dalam keterangan resmi, Minggu (20/3).

Budi mengatakan koordinasi dengan pemangku kepentingan mencakup pihak penerbangan. Baik pengelola bandara maupun maskapai. Dalam hal ini, untuk mempersiapkan tiket go show atau pembelian tiket langsung pada hari keberangkatan.

Baca juga: Kondisi tidak Fit, Marc Marquez Absen Balapan di Mandalika

Hal tersebut dikarenakan hotel di kawasan Mandalika terbatas. Sehingga, penonton yang mau menginap di Bali bisa memanfaatkan tiket go show tersebut.

“Memang sudah ada pesawat berbadan besar jenis Boeing 777 dari Garuda, tetapi itu saja tidak cukup. Untuk itu, kami mempersiapkan tiket go show untuk rute Lombok-Bali," imbuh Budi.

Berdasarkan data dari Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub, untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang dari dan ke Mandalika, telah disiapkan sebanyak total 59 penerbangan tambahan. Terdiri dari 38 extra flight, 14 charter flight, dan 7 positioning flight, dengan jumlah total 9.392 kursi per hari ini.

Baca juga: Presiden akan Serahkan Piala kepada Juara MotoGP Mandalika

Secara total, Kemenhub menyiapkan tiga upaya. Rinciannya, penyiapan extra flight, charter flight dan positioning flight, dengan total sebanyak 168 flight/penerbangan atau kapasitas total sebanyak 29.300 kursi.

Dari total 168 flight, 135 flight-nya adalah extra flight dengan kapasitas lebih dari 25.000 kursi, dengan rincian yakni: Jakarta–Lombok sekitar 19.000, Denpasar (Bali)-Lombok 2.718 kursi dan Surabaya-Lombok 3.834 kursi.

Sementara, untuk charter flight berjumlah 22 flight berkapasitas sekitar 3.500 kursi, dengan rincian yakni: Jakarta-Lombok 12 flight 2.023 kursi, Denpasar(Bali)-Lombok delapan flight 1.116 kursi dan Surabaya-Lombok dua flight 360 kursi.

Untuk penempatan pesawat udara atau positioning flight, disiapkan sebanyak 11 pesawat selama tiga hari pelaksanaan MotoGP. Rinciannya, Cengkareng ke Lombok dengan enam flight, Denpasar-Lombok tiga flight dan Surabaya-Lombok dua flight.(OL-11)
 

Baca Juga

Instagram @riowaida_

Rio Waida Raih Tiket ke WSL Championship Tour 2023

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 04:47 WIB
Rio Waida menjadi peselancar Indonesia pertama yang berhasil meraih tiket untuk tampil di Liga Selancar Dunia, World Surfing League...
AFP/Jose Jordan

Alcaraz Tersingkir di Putaran Pertama Astana Terbuka

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 05 Oktober 2022, 04:35 WIB
Alcaraz, yang merupakan juara Amerika Serikat (AS) Terbuka, mengalami kekalahan dua set langsung pertamanya sejak November tahun...
Ist

Erick Thohir dan Presiden IOC Thomas Bach Bahas Kontribusi Olahraga

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 23:00 WIB
Erick yang juga menjabat IOC Member yakin jiwa sportivitas dan semangat kebersamaan di olahraga akan memicu kontribusi positif untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya