Sabtu 12 Maret 2022, 14:45 WIB

Honda Racing Indonesia Siapkan Formula Baru di Kejuaraan Tahun Ini

Gana Buana | Olahraga
Honda Racing Indonesia Siapkan Formula Baru di Kejuaraan Tahun Ini

DOK.HPM
PT Honda Prospect Motor memperkenalkan para pembalap tim Honda Racing Indonesia yang akan mengikuti sejumlah kejuaraan nasional musim 2022.

 

TIM Honda Racing Indonesia resmi mengumumkan keikutsertaannya pada beberapa ajang kejuaraan sepanjang 2022. Partisipasi musim ini juga diikuti dengan kejutan komposisi pembalap baru.

Communication Strategy Senior Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) Adhi Prama Sugarda menjelaskan alasan menurunkan Civic Type R dan Honda City Hatchback pada kompetisi balap nasional. Mobil ini nantinya akan dipakai oleh Alvin Bahar tanpa modifikasi mesin.

"Ada mobil yang baru, yaitu Civic Type R. Civic Type R adalah sebuah flagship dari Honda. Ini pertama kalinya Honda menurunkan Civic Type R dengan jargon ‘Born to Race’ untuk mencicipi Sirkuit Sentul," ungkap Adhi saat memberi keterangan secara virtual, Jumat (11/3).

Sesuai dengan rencana, untuk musim 2022 tim HRI akan mengikuti agenda balap Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) yang akan digelar di Sirkuit Sentul Bogor khususnya pada ajang Super Touring Car Racing (STC-R) 3.600 cc yang akan diikuti oleh Alvin Bahar dengan menggunakan mobil Honda Civic Type R.

Tidak hanya itu, Honda juga akan kembali berpartisipasi pada ajang Indonesia Touring Car Race (ITCR) 1.500 cc yang diikuti oleh Avila Bahar yang pertama kalinya akan menggunakan Honda City Hatchback RS pada kelas master.

Selain itu, tim HRI memperkenalkan Naufal Rafif Busro sebagai pembalap baru yang akan mengikuti ajang ITCR 1.200 cc dengan menggunakan mobil Honda Brio RS. Naufal yang baru berusia 15 tahun, sebelumnya telah mengikuti berbagai ajang balap bergengsi seperti Honda Brio Speed Challenge (HBSC) 2021 sebagai juara dan 2019 sebagai runner up, ITCR Kejurnas 2021 sebagai juara pertama dan peringkat ketiga pada 2019.

Tidak hanya kejuaraan touring nasional, HRI juga mengumumkan untuk menurunkan dua pembalap slalomnya pada kejuaraan Autogymkhana 2022 yang akan diikuti oleh Anandyo Dwiki pada kelas A (man), serta Canya Prasetyo pada kelas A (woman). Autogymkhana merupakan kejuaraan slalom nasional yang akan diadakan di beberapa daerah di Indonesia dari Maret hingga November 2022.


Baca juga: Mercedes Pamerkan Perombakan Baru di Tes F1 Bahrain


Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM Yusak Billy menambahkan, Honda bersama HRI dengan bangga memperkenalkan komposisi baru untuk musim 2022 dari kelas, mobil, hingga pembalap baru.

"Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen kami untuk terus memajukan kejuaraan balap di Indonesia serta mendukung para pembalap muda sejalan dengan semangat Everyone Can Race yang selalu kami usung," ungkap Billy.

Selain itu, pada musim yang sama, Honda juga akan menyelenggarakan ajang One Make Race 2022 sebagai salah satu bentuk komitmen Honda dalam mendukung ajang balap yang terdiri dari Honda Brio Speed Challenge (HBSC) serta Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) yang pertama kali digelar untuk menggantikan Honda Jazz Speed Challenge.

Pada musim sebelumnya, HRI juga ikut serta dalam kejuaraan touring serta slalom nasional, dengan Alvin Bahar pada kelas ITCR Max 1.600 cc menggunakan Honda Jazz, Avila Bahar pada kelas ITCR 1.500 cc Rising Star dengan mobil Honda Jazz, dan Canya Prasetyo pada ITCR 1.200 cc dengan mobil Honda Brio. Sedangkan pada kejuaraan slalom, Honda juga menurunkan Canya Prasetyo pada kelas A (woman) serta Anandyo Dwiki pada kelas A (man).

Avila berhasil keluar sebagai juara umum kelas Rising Star, sedangkan Anandyo Dwiki keluar sebagai juara pertama pada seri 3 Autogymkhana dan juara ketiga pada seri pertama dimana Canya Prasetyo secara keseluruhan berhasil menduduki posisi keempat pada kelas A (woman). (Gan/S-2)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Apriani/Siti Fadia Atasi Ganda Jepang Unggulan ke-6 Matsuyama/Shida

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:40 WIB
Pada perempat final besok, Apriyani/Siti Fadia sudah ditunggu lawan berat yakni peringkat satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan...
MI/Ramdani

Gregoria Terhenti, Ginting ke Perempat Final

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:14 WIB
Gregoria yang pada babak pertama membuat kejutan mengalahkan nomor satu dunia Akane Yamaguchi (Jepang) kini dihadang Zhi Yi dengan dua gim...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Daud Yordan Ingin Perpanjang Kemenangan atas Petinju Thailand

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 15:04 WIB
Sejauh ini, petinju berjuluk Cino itu sudah sembilan kali bertemu petinju asal Thailand. Dia pun berhasrat memperpanjang rekor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya