Jumat 11 Maret 2022, 08:24 WIB

Mercedes Pamerkan Perombakan Baru di Tes F1 Bahrain

Dhika Kusuma Winata | Olahraga
Mercedes Pamerkan Perombakan Baru di Tes F1 Bahrain

AFP
Pembalap lphaTauri asal Prancis, Pierre Gasly (kiri) dan pebalap Mercedes asal Inggris, George Russell mengemudi pada hari pertama uji coba

 

TIM Mercedes mencuri perhatian pada tes pramusim hari pertama di Bahrain dengan memamerkan desain berbeda. Perombakan radikal pada mobil W13 terjadi di bagian sidepod yang sangat minimalis dan sirip yang agresif di kedua sisi kokpit.

Penampilan anyar itu memantik polemik dari rival Mercedes. Bos Red Bull Racing, Christian Horner, dikabarkan menyangsikan kesesuaian aturan dari perombakan desain itu.

Di sisi lain, bos tim Mercedes Toto Wolff menyatakan tak ada masalah dengan perombakan tersebut. Dia menilai kontroversi di arena paddock kerap bernuansa politis.

"Sudah jelas ketika Anda muncul dengan sebuah inovasi terkadang akan memunculkan debat seperti di sini. Itu lah yang diharapkan," ujarnya.

Pembalap Mercedes, George Russell, mengatakan perubahan desain sidepod dan sirip itu bakal menarik untuk dinanti seberapa besar dampaknya bagi kecepatan mobilnya.

"Sangat terlihat menarik tapi saya kira bukan soal bagaimana tampilannya. Ini soal seberapa cepat lajunya," ucapnya.

Direktur Pelaksana Formula 1 Ross Brawn mengakui desain baru Mercedes menjadi buah bibir. Brawn yang juga pernah memimpin tim balap F1 mengakui pula tak pernah terbayang dengan desain seperti itu. Ia menilai tampaknya tak ada peluang aturan yang dilanggar.

"Kesan pertama kami bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan berlebihan dalam hal tujuan-tujuan peraturan," ujarnya.

Pada tes hari perdana di Bahrain, Kamis (10/3) waktu setempat, pembalap Alpha Tauri, Pierre Gasly, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 33,902 detik. Di bawah Gasly ada duo pembalap Ferarri, Carlos Sainz dan Charles Lecrerc.

Adapun duo Mercedes George Russell di urutan kesembilan dengan catatan waktu 1 menit 35,941 detik dan Lewis Hamilton di urutan sebelas membukukan 1 menit 36,365 detik.

Tes di Bahrain akan berlangsung selama tiga hari dan masih berlanjut hingga Sabtu (12/3) besok. (AFP/OL-13)

Baca Juga: Naomi Osaka Bersiap Kembali di Indian Wells

Baca Juga

AFP/Joe TOTH

Raducanu Bantah Tersingkir Cepat dari Wimbledon karena Tekanan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 10:15 WIB
Unggulan kesepuluh itu tersingkir setelah kalah 6-3 dan 6-3 dari Caroline Garcia dalam laga di Centre...
AFP/SEBASTIEN BOZON

Murray Tersingkir di Putaran Kedua Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama, Dhika kusuma winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 06:11 WIB
Juara Wimbledon dua kali asal Inggris itu kesulitan menghadapi petenis jangkung asal Amerika Serikat (AS). Murray bahkan gagal sama sekali...
AFP/Adrian DENNIS

Jabeur Melaju ke Putaran Ketiga Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 30 Juni 2022, 05:48 WIB
Petenis Tunisia berusia 27 tahun, yang menjadi juara di turnamen lapangan rumput di Berlin, awal bulan ini, sempat dua kali dipatahkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya