Senin 24 Januari 2022, 10:00 WIB

Alonso Sebut Pengalaman akan Beri Dirinya Keuntungan Besar

Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Alonso Sebut Pengalaman akan Beri Dirinya Keuntungan Besar

AFP/Antonin Vincent
Pembalap tim Formula 1 Alpine Fernando Alonso

 

JUARA dunia Formula 1 (F1) dua kali Fernando Alonso yakin usia dan pengalamannya di dunia balap akan memberinya keuntungan di ajang F1 musim 2022. 

Setelah pensiunnya Kimi Raikkonen pada akhir musim 2021 lalu, Alonso akan menjadi pembalap tertua di F1 dengan usianya yang sudah memasuki 40 tahun.

Kembali mengaspal pada musim lalu bersama tim Alpine, Alonso, yang sebelumnya sempat menepi selama dua tahun, telah membuktikan dirinya masih cukup kompetitif. 

Baca juga: Schumacher Ingin Tampil Lebih Baik di Formula 1 Musim 2022

Dalam perjalanannya di musim 2021, Alonso berhasil mencetak podium di Qatar dan membantu Alpine meraih tempat kelima di klasemen konstruktor.

"Dari segi umur, saya merasa baik-baik saja. Jujur, saya justru merasakan keuntungan," kata Alonso dikutip dari Crash, Senin (24/1).

“Ketika saya datang ke sebuah sirkuit, saya sudah tahu sirkuitnya. Sekarang semua orang menguji ban 18 inci dan saya sudah tahu betul ban ini dari WEC. Jadi semua hal yang saya hadapi, saat orang lain baru melakukannya untuk pertama kali, bagi saya ini adalah kedua atau ketiga kalinya. Ini bagus," terangnya.

Seiring diberlakukannya regulasi teknis baru, tahun depan, mobil F1 akan menggunakan ban ukuran 18 inci, setelah beberapa dekade F1 menggunakan ban ukuran 13 inci.

Dengan musim 2022 yang akan menjadi salah satu musim terpanjang, terdiri dari 23 seri balapan, Alonso menyatakan dedikasi menjadi tantangan besar yang untuk musim ini, saat dia akan menghabiskan sebagian besar tahun untuk berpergian dan membalap.

"Satu-satunya masalah untuk menjadi lebih tua adalah Anda harus memiliki motivasi untuk memasuki musim yang yang padat. Anda harus memiliki keinginan itu, Anda harus memiliki gaya hidup yang memungkinkan Anda mendedikasikan diri untuk olahraga ini," tuturnya

"Beruntungnya saya berada dalam momen dalam hidup saya ingin mendedikasikan hidup saya untuk F1, itu fantastis. Saya pikir saya hanya melihat banyak keuntungan untuk musim depan," jelasnya.

Persiapan Alonso untuk F1 musim 2022 terhambat oleh kecelakaan bersepeda saat berlatih awal tahun lalu yang membuatnya patah rahang dan perlu memasang pelat titanium.

Awal bulan ini, Alonso menjalani operasi kedua yang sukses untuk melepas pelatnya. Setelah periode pemulihan kecil, ia akan melanjutkan pelatihan menjelang musim baru.

Berbicara terkait apakah kondisinya memungkinkan untuk menjalani tes pramusim yang akan digelar di Bahrain bulan Maret mendatang, Alonso dengan tegas menyatakan siap.

“Saya sangat kuat, saya siap. Bahkan saya bisa memulai musim pekan depan di Bahrain," tukasnya. (Crash/OL-1)

Baca Juga

AFP

Rafael Nadal Jalani Latihan Perdana di Prancis Terbuka

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:08 WIB
Dalam sesi latihan, Nadal yang merupakan juara Roland Garros 13 kali, mendapat sambutan meriah dari penggemarnya, yang memadati dua sisi...
Valery HACHE / AFP

Alcaraz Maksimalkan Peluang di Prancis Terbuka 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:56 WIB
Alcaraz tengah berjuang dari cedera kaki yang dideritanya setelah kemenangannya di Madrid...
AFP

Tampil di Kandang, Carlos Sainz Siap Rebut Podium GP Spanyol

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 19 Mei 2022, 14:40 WIB
Sejak debut F1 bersama Toro Rosso musim 2015, Sainz selalu finis di zona poin GP Spanyol. Pencapaian terbaiknya adalah menyelesaikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya