Sabtu 13 November 2021, 21:45 WIB

150 rekor Baru Tercipta di Peparnas, Atlet Debutan Tunjukkan Kualitasnya 

Mediaindonesia.com | Olahraga
150 rekor Baru Tercipta di Peparnas, Atlet Debutan Tunjukkan Kualitasnya 

Antara/Wahyu Putro A
Pelari Jawa Tengah Rifki Ahmad Soleh melakukan sujud sukur usai memenangi lomba 800 meter yang sekaligus jadi rekor baru di peparnas

 

PEKAN Paralimpik Nasional Indonesia (Peparnas) XVI Papua 2021 resmi berakhir. Perhelatan akbar atlet penyandang disabilitas nasional ditutup Presiden Joko Widodo, Sabtu (13/11)) malam setelah menjalani ratusan laga pertandingan di 12 cabor sejak Jumat (5/11/2021) 

Peparnas Papua kali ini juga menorehkan sejarah baru. Tuan rumah Papua berhasil menjadi juara umum dengan mengoleksi 127 emas, 87 perak, dan 93 perunggu, seperti dilansir dari PB Peparnas Papua. 

Para atlet penyandang disabilitas Papua ikut memanen medali dari sejumlah cabor seperti renang (33 emas), atletik, catur (15 emas), judo tuna netra (10 emas), menembak (sembilan emas), dan panahan (delapan emas). Raihan Papua semakin lengkap setelah merengkuh emas sepak bola celebral palsy (CP) usai mengandaskan Kalimantan Selatan 2-1. 

Posisi kedua ditempati kontingen Jawa Barat yang gagal mempertahankan predikat juara bertahan Peparnas. Pasukan Tanah Pasundan hanya mampu mengoleksi 110 emas, 92 perak, dan 75 perak. 

Posisi ketiga ditempati Jawa Tengah dengan raihan 89 emas, 60 perak, 76 perunggu. Adapun keempat dan kelima masing-masing diraih Kalimantan Selatan dengan 41 emas, 43 perak, dan 47 perunggu dan calon tuan rumah Peparnas XVII 2024, Sumatera Utara dengan 27 emas, 32 perak, dan 15 perunggu. 

Baca juga : Ketua NPC Indonesia : Di Era Jokowi Olahraga Disabilitas Disejajarkan 

Catatan luar biasa dari ajang pesta olahraga penyandang disabilitas nasional ini adalah selama seminggu 33 kontingen saling berkompetisi terjadi pemecahan ratusan rekor nasional maupun Asia. 

PB Peparnas Papua mencatat dari cabang olahraga atletik paralimpik terdapat 96 pemecahan rekor Peparnas. Pun demikian cabang renang dengan 39 pemecahan rekor nasional dan Peparnas. 

Ada pula dua pemecahan rekor ASEAN Para Games pada renang. Lalu dari cabor angkat berat terdapat 13 pemecahan rekornas. 

Lebih menggembirakan lagi, sebagian besar rekor-rekor baru tersebut diukir oleh para atlet paralimpik debutan nasional. Seperti beberapa catatan rekor yang disumbang dari arena renang maupun atletik. 

Peparnas Papua ini diikuti sebanyak 3.609 atlet dari 33 provinsi kecuali Sulawesi Barat. Atlet paralimpik nasional ini bertanding pada 12 cabang olahraga di 12 venue yang terdapat di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. (RO/OL-7)

Baca Juga

AFP/Adrian DENNIS

Merasa Dilecehkan Pendukung di Wimbledon, Kyrgios Kembali Berulah

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Juni 2022, 05:30 WIB
Di konferensi pers selepas pertandingan, Kyrgios berselisih dengan wartawan ketika dia menegaskan dirinya mengalami pelecehan setiap hari,...
AFP/Adrian DENNIS

Positif Covid-19, Berrettini Mundur dari Wimbledon

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Juni 2022, 05:06 WIB
"Saya sangat sedih harus mengumumkan bahwa saya harus mengundurkan diri dari Wimbledon karena positif...
ANTARA/Sigid Kurniawan

Fajar/Rian Akui Terbantu Angin Singkirkan Wakil Tuan Rumah

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:55 WIB
Pada gim kedua, permainan Fajar/Rian sudah lebih nyaman dari sebelumnya. Mereka pun mampu menuntaskan pertandingan tanpa kendala berarti...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya