Kamis 14 Oktober 2021, 23:46 WIB

Jatim Rajai Renang dengan 14 Emas di PON Papua

Ant | Olahraga
Jatim Rajai Renang dengan 14 Emas di PON Papua

Antara
Adinda Larasati Dewi

 

KONTINGEN Timur menjadi kontingen dengan medali terbanyak pada perlombaan renang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan rincian 14 emas, 7 perak, dan 9 perunggu. Jawa Timur mengisi daftar teratas dalam daftar perolehan medali renang setelah adanya tambahan satu emas dan empat perunggu dalam lomba yang bergulir di Arena Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Kamis (15/10).

Medali emas terakhir yang diraih Jawa Timur disumbangkan Adinda Larasati Dewi yang turun pada nomor 200 meter gaya kupu-kupu putri. Ia menorehkan waktu tercepat 2 menit 14,53 detik. Hasil tersebut juga menjadi rekor baru PON setelah Adinda pada PON Jawa Barat 2016 mencatatkan 2 menit 15,43 detik. Adinda mengalahkan Azzahra Permatahani dari Riau yang pulang dengan medali perak usai membukukan 2 menit 17,04 detik.

Sementara perunggu diraih wakil Jawa Barat, Raina Saumi Grahana dengan 2 menit 19,99 detik. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Jawa Timur, Muhammad Chusaini, bangga dengan perjuangan semua atlet.

Menurutnya, pencapaian ini tak lepas dari persiapan selama empat tahun lebih hingga akhirnya bisa melampaui target yang dicanangkan. "Dari KONI Jawa Timur target 12 medali emas. Tetapi kami sejak awal sudah yakin bisa melampaui dan hitungan kami tak meleset," ujar Chusaini

Pencapaian Jawa Timur di PON Papua juga lebih baik dari PON Jawa Barat pada 2016 yang ketika itu mendulang 9 emas, 11 perak, dan 13 perunggu. Kala itu pula, Jawa Timur berada di urutan kedua dalam daftar perolehan medali renang di bawah tuan rumah Jawa Barat dengan 17 emas, 10 perak, dan 10 perunggu. Adapun di PON Papua, kontingen dengan medali terbanyak kedua adalah DKI Jakarta dengan rincian 10 emas, 11 perak, dan 4 perunggu. Kemudian Jawa Barat mengoleksi 9 emas, 8 perak, dan 8 perunggu. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA

Jonatan Christie Tantang Kento Momota Di Perempat Final

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 18:02 WIB
TUNGGAL putra Indonesia, Jonatan Christie lolos ke babak perempat final turnamen bulutangakis Denmark Terbuka 2021 yang berlansung di...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/

Minions Takluk dari Pasangan Muda Bagas/Fikri di Denmark Open

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 17:34 WIB
Bertarung dalam durasi 48 menit, Bagas/Fikri sukses meraih kemenangan atas The Minions -julukan Marcu/Kevin- setelah melakukan pertandingan...
Ist

AIMAG Resmi Ditunda, Indonesia Hadapi Empat Multievent pada 2022

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 16:08 WIB
Surat tersebut berisi penundaan AIMAG edisi ke-6 yang semula diagendakan 10-20 Maret 2022 serta penetapan jadwal...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya