Senin 13 September 2021, 20:04 WIB

Siap Amankan Kelistrikan PON XX Papua, PLN Vaksinasi 1.574 Petugas

Insi Nantika Jelita | Olahraga
Siap Amankan Kelistrikan PON XX Papua, PLN Vaksinasi 1.574 Petugas

Antara
Ilustrasi PON Papua

SELAIN mengamankan keandalan listrik penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 yang digelar pada 2-15 Oktober, PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) menggelar vaksinasi pada 1.574 petugasnya.

Upaya tersebut dalam memastikan kesehatan personel PLN yang bertugas dalam gelaran PON pertama di Bumi Papua tersebut. "Keandalan imun serta kesehatan personel juga harus kami jaga guna menyukseskan PON XX Papua," kata Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Syofvi Felienty Roekman dalam keterangannya, Senin (13/9).

Dia menjelaskan vaksinasi ini merupakan upaya PLN untuk mendukung kesehatan para petugas yang sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2021 yang menyebutkan semua yang terlibat dalam pelaksanaan PON XX Papua 2020 wajib sudah divaksin Covid-19. "Ini karena musim pandemi, PLN memiliki prosedur kesehatan yang ketat, bahkan tim kesehatan khusus sebagai pendamping operator, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran bagi pihak-pihak lain yang terlibat di lapangan," ujar Syofvi.

Dalam vaksinasi bagi petugas kelistrikan selama PON berlangsung, vaksin yang digunakan merupakan vaksin gotong royong hasil sinergi dengan PT Kimia Farma (Persero) Tbk. Vaksinasi personel PLN merupakan salah satu agenda penting dalam upaya PLN mengejar berbagai penugasan dan proyek yang terus berlangsung di tengah pandemi.

Sejauh ini jumlah pegawai dan tenaga alih daya PLN secara nasional yang sudah mengikuti vaksinasi mencapai 164.485 atau 88 persen dari keseluruhan petugas yang bekerja bersama PLN.

Sementara itu, dari kesiapan pengamanan kelistrikan PON XX Papua 2020, PLN akan menyiapkan 1.574 petugas yang tersebar di 4 klaster penyelenggara meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Timika.

Selama periode siaga 18 September-15 Oktober 2021, para petugas termasuk tambahan personel dari Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara, akan memastikan 45 lokasi pertandingan dan 230 lokasi strategis lain siap dengan kelistrikan yang andal. Lokasi ini meliputi kantor VIP, penginapan, rumah sakit dan lainnya.

Sebelumnya PLN juga telah melakukan simulasi kelistrikan untuk memastikan keandalan sistem kelistrikan untuk menyukseskan PON XX Papua 2020. Simulasi kelistrikan ini dilakukan untuk melihat kesiapan PLN dalam menghadapi gangguan saat pelaksanaan ajang olahraga nasional itu. (OL-8)

Baca Juga

Dok. Honda Racing Indonesia

Alvin Bahar Pertahankan Pimpinan Klasemen Kejurnas ISSOM 2021  Usai Seri 3

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 27 September 2021, 20:55 WIB
Saat menjalani kualifikasi, Alvin meraih super pole sehingga itu jadi kekuatan tersendiri baginya. Saat balapan, ia meraih posisi...
Antara/Aditya Pradana Putra

KOI Yakin PON XX Papua Berjalan Lancar dan Lahirkan Bibit Atlet Unggulan

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 27 September 2021, 19:57 WIB
ia percaya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat bersama Panitia Besar (PB) PON mampu menggelar multi cabang olahraga nasional...
ANTARA FOTO/Fauzan

Atlet Sepatu Roda DKI Jakarta Borong Dua Emas

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 27 September 2021, 19:49 WIB
Hasil ini membuat hanya tiga atlet yang berhasil mencapai garis finis dan berhasil menempati tiga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Meretas Asa Jadi Pusat Ekonomi Syariah

Potensi besar hanya akan tetap menjadi potensi bila tidak ada langkah nyata untuk mewujudkannya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya