Sabtu 26 Juni 2021, 14:50 WIB

Latihan Bebas MotoGP Belanda, Marquez Alami Kecelakaan

Ilham Ananditya | Olahraga
Latihan Bebas MotoGP Belanda, Marquez Alami Kecelakaan

AFP
Pembalap Marc Marquez saat memacu kendaraannya di GP Jerman.

 

DANILO Petrucci membawa tim KTM ke posisi teratas pada pembukaan latihan bebas kedua (free practice/FP2) MotoGP Belanda. Namun, beberapa saat kemudian dirinya disalip Fabio Quartararo, kemudian bergiliran dengan Miguel Oliveira yang menempati posisi puncak.

Saat sesi FP2 berjalan 10 menit, Marquez alami ‘high side crash’. Kondisi itu membuatnya ‘terbang’ sampai terpental dari motornya. Meski Marquez dapat berdiri kembali menuju pit, dirinya memilih untuk tidak melanjutkan latihan bebas.

Insiden kecelakaan juga dialami Pol Espargaro, sesaat setelah Marquez highside di Tikungan 10. ‘Polyccio’ julukan Espargaro alami kecelakaan di Tikungan 5, namun dirinya dapat melanjutkan sesi latihan bebas.

Baca juga: Ini Momentum yang Antar Marquez Menang di GP Jerman

Memasuki pertengahan waktu, Vinales menyasar posisi puncak dengan catatan waktu terbaik 1 menit 33,241 detik. Upaya Vinales untuk mengejar waktu terbaiknya, harus terhalang hujan yang mengguyur Assen.

‘Top Gun’ julukan bagi Vinales, cukup lama berada di garasi Yamaha. Begitu pula para pembalap MotoGP lainnya. Selama kurang lebih 10 menit, Alex Rins jadi pebalap pertama yang turun ke lintasan menggunakan ban basah.

Namun, duo Ducati Jack Miller dan Francesco Bagnaia, serta Aleix Espargaro dari tim Aprilia, tetap memilih untuk bertahan di pit. Kondisi lintasan yang basah menyulitkan pembalap memperbaiki waktu latihan bebas. Hingga akhir latihan bebas kedua, Vinales tetap berada di puncak peringkat, yang mengungguli Miguel Oliveira dan rekan setimnya, Quartararo.

Baca juga: Quartararo Bergurau akan Persulit Penampilan Marquez di GP Jerman

Kini Maverick Vinales Masih berada di peringkat pertama untuk hasil FP2 MotoGP Belanda, dengan catatan waktu 1 menit 33,241 detik. Miguel Oliveira dari tim KTM hanya berselisih 0,159 detik menempati peringkat kedua. Lalu, Fabio Quartararo asal Prancis berada di peringkat ketiga dengan catatan waktu 1 menit 33,491 detik.

Marc Marquez yang sempat ‘terbang’ karena alami ‘high side’, tetap berhasil mengamankan peringkat keempat. Joan Mir menyusul di peringkat kelima. Lalu, pembalap asal Prancis Johann Zarco dan Rins masing-masing mengekor di peringkat enam dan tujuh.

Valentino Rossi yang mencatatkan waktu 1 menit 34,777 detik berada di peringkat ke-18. Pembalap pengganti Franco Morbidelli di Petronas SRT, yakni Garrett Gerloff, menuntaskan latihan bebas kedua pada posisi ke-21.(MotoGP/Motorsport/OL-11)

Baca Juga

ANTARA

Fajar/Rian Melangkah ke Babak Kedua Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 01:11 WIB
GANDA putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melangkah ke babak kedua turnamen bulutangkis Denmark Terbuka 2021 yang...
ANTARA/Aditya Pradana

Shesar Ikuti Jejak Ginting Angkat Koper Dari Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 00:54 WIB
KEKALAHAN dialami putra Indonesia Shesar Hiren Rhustavito di babak pertama Denmark Terbuka...
AFP

Anthony Ginting Tersingkir di Babak Pertama Denmark Terbuka 2021

👤Widhoroso 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:47 WIB
KEJUTAN terjadi di tunggal putra turnamen bulutangkis Denmark Terbuka 2021 yang berlangsung di Odense Sports Park,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya