Minggu 20 Juni 2021, 15:13 WIB

Verstappen Tempati Pole Position, Hamilton Harus Kerja Keras

 Ilham Ananditya | Olahraga
Verstappen Tempati Pole Position, Hamilton Harus Kerja Keras

NICOLAS TUCAT / POOL / AFP
Pembalap tim Red Bull, Max Verstappen asal Belanda, saat diwawancarai wartawan.

 

PEMBALAP tim Red Bull, Max Verstappen, merebut pole position Grand Prix (GP) Prancis setelah tampil tercepat pada babak kualifikasi di Sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Sabtu (19/6) dengan jarak tempuh untuk satu putaran, 5,842 kilometer.

Ajang balap Formula 1 baru dimulai hari ini (20/6) pukul 20.00 waktu setempat.

Formula 1 memulai triple header pertamanya musim ini di Sirkuit Paul Ricard, yang batal menggelar GP Prancis tahun lalu karena pandemi dan tahun ini dimajukan satu pekan menyusul pembatalan GP Turki.

Pemuncak klasemen sementara itu mencetak waktu satu menit 29,990 detik, mengalahkan rival utamanya Lewis Hamilton dengan margin 0,258 detik di P2 untuk tim Mercedes. Sedangkan rekan satu tim Lewis, Valtteri Bottas akan start dari posisi ketiga.

Sejak debut pada agenda F1 2018, sirkuit di Le Castellet jarang menampilkan balapan dramatis karena dua balapan terakhir dimenangi Hamilton.

Pembalap kedua tim Red Bull Sergio Perez kalah dari Bottas dengan margin sepersepuluh detik dan akan start dari P4.

Sang pembalap Mercedes saat ini terpaut empat poin dari Verstappen yang memuncaki klasemen pembalap.

Sementara Red Bull juga memimpin klasemen konstruktor dengan keunggulan 26 poin dari Silver Arrow berkat kemenangan Sergio Perez di Azerbaijan.

"Akhir pekan yang sangat positif, FP2 menjadi titik balik dan membuat hari ini semakin baik. Tentunya kami harus menyelesaikannya besok, mobil ini terasa bagus kemarin (di simulasi balapan) jadi saya menantikannya.” kata Verstappen.

Kendati kewalahan di sesi latihan ketiga, Hamilton bisa menemukan kecepatannya kembali di lintasan dan mencetak waktu terbaiknya pada akhir sesi kualifikasi mengunci posisi baris terdepan di samping sang rival yang untuk kedua kalinya di musim ini mengawalinya dari pole.

"Akhir pekan yang sangat, sangat sulit. Secara mental, bukan fisik. Mencoba membuat mobil ini bekerja dengan baik, perubahan yang saya buat di mobil ini cukup memuaskan. Max melakukan tugas yang luar biasa hari ini, dia sangat cepat. Dia mendapat mesin baru akhir pekan ini jadi saya harus mengerahkan segalanya," kata Hamilton.

Carlos Sainz berhasil mengamankan P5 untuk Ferrari, di depan pebalap AlphaTauri Pierre Gasly dan rekan satu tim di Scuderia, Charles Leclerc.

Pembalap McLaren Lando Norris mengunci P8, mengalahkan pebalap tim Alpine Fernando Alonso, sementara Daniel Ricciardo melengkapi posisi start sepuluh besar di mobil McLaren kedua.

Untuk kedua kalinya musim ini, rookie tim AlphaTauri, Yuki Tsunoda, akan start dari paling belakang setelah mengalami kecelakaan di Q1 karena melibas blok beton d tikungan 1 dan kehilangan kendali mobilnya hingga menabrak pagar pembatas. (And/Ant/flashscore/OL-09)

Baca Juga

Ist/McLaren.com

McLaren akan Gunakan Livery Spesial di GP Abu Dhabi

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 08 Desember 2021, 13:58 WIB
Di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi akhir pekan ini 10-12 Desember 2021, tim balap McLaren akan menampilkan Livery spesial untuk mobil...
dok.wikipedia

SEA Games ke-31 Digelar Mei 2022 di Vietnam

👤Ilham Ananditya 🕔Rabu 08 Desember 2021, 13:25 WIB
FEDERASI SEA Games (SEAGF) diumumkan bahwa SEA Games akan dijadwalkan ulang pada 12-23 Mei...
dok PB WI

Anies Kenakan Jaket Kuning saat Bertemu Arlangga

👤RO/Micom 🕔Rabu 08 Desember 2021, 12:44 WIB
Permintaan Airlangga disambut baik Anies...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya