Rabu 07 April 2021, 05:28 WIB

KOI Minta Swab Test Jadi Syarat Gulirkan Kejuaraan Olahraga

Basuki Eka Purnama | Olahraga
KOI Minta Swab Test Jadi Syarat Gulirkan Kejuaraan Olahraga

ANTARA/Mohammad Ayudha
Petugas melakukan swab test antigen kepada perangkat pertandingan sebelum laga Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

KOMITE Olimpiade Indonesia (KOI) meminta setiap panitia penyelenggara kejuaraan olahraga untuk melakukan swab test kepada seluruh peserta dan perangkat pertandingan yang terlibat.

Dalam rapat koordinasi bersama Kemenpora di Jakarta, Selasa (6/4), Anggota Komite Eksekutif KOI Rafiq Radinal menyebut swab test merupakan salah satu protokol kesehatan wajib jika ingin menggelar turnamen dalam situasi pandemi covid-19 guna meminimalisasi penularan selama event berlangsung.

"Ada hal-hal kecil yang perlu diperhatikan. Untuk pertandingan yang dilaksanakan sehari, seperti tinju, panitia penyelenggara bisa mengantisipasi swab sebelum pertandingan dan saat pertandingan. Jangan hanya saat pelaksanaan," kata Rafiq dalam keterangan resmi, Selasa (6/4).

Baca juga: KONI Ingatkan Tiap Kontingen agar Berikan Vaksin pada Atlet PON XX

Tidak hanya kejuaraan tinju yang digelar dalam ruangan, penyelenggaraan pertandingan di luar ruangan juga, menurutnya, perlu memperhatikan prokes secara detail.

Beberapa hal yang bisa diterapkan antara lain pemasangan tanda prokes 5M dan sarana cuci tangan di sekitar venue.

Rafiq juga mengusulkan pemakaian wrist band (gelang) yang berbeda warna setiap harinya. Gelang tersebut digunakan sebagai antisipasi potensi penyalahgunaan hasil antigen harian yang dapat dilakukan peserta dan ofisial.

Ia juga berharap penyelenggara kejuaraan olahraga bisa mencontoh kejuaaraan yang sudah lebih dulu digelar seperti Liga Bola Basket Indonesia (IBL) dan Piala Menpora.

"Ini menjadi pelopor agar kegiatan olahraga di Indonesia bisa berlangsung dengan standar adaptasi kebiasaan baru," kata Rafiq.

"Tentu perlu prokes yang tepat sehingga nantinya bisa dipisahkan standar event olahraga indoor dan outdoor dan badan mana yang bertanggung jawab. Jika sudah punya satu sistem baku tentu lebih mudah," pungkasnya.

Kemenpora, saat ini, masih mengkaji pemberian rekomendasi pengajuan izin untuk tiga kejuaraan yang direncanakan digelar pada bulan ini.

Ketiga kejuaraan tersebut adalah Kejurnas dan Kejuaraan BMX Internasional pada 9-11 April di Yogyakarta, Kejuaraan Panahan Kartini Cup IV pada 9-11 April, dan Kejuaraan Tinju WBC yang mempertemukan Tibo Monabesa (Indonesia) dan Toto Landero (Filipina). (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Jakarta International Stadium Usung Konsep Stadion Kita

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 21 April 2021, 19:56 WIB
Kebanggaan memiliki stadion berkelas dunia dengan standar FIFA, tentunya tidak hanya dirasakan dibenak warga Jakarta, tetapi juga seluruh...
Antara

Lalu Muhammad Zohri Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 21 April 2021, 16:47 WIB
Atlet asal Nusa Tenggara Barat itu menjadi orang tercepat di Asia Tenggara, dengan rekor catatan 10,13 detik dalam lari 100 meter pada...
AFP/Sarah Stier.

Brooklyn Nets Sukses Kalahkan Pelicans 134-129

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Rabu 21 April 2021, 14:24 WIB
Pada pertandingan kuarter pertama, sejatinya Pelicans bermain dengan baik saat mereka berhasil mencetak 29 angka untuk memimpin...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jejak Herbal Cagar Biosfer

Lingkungan alam di Malang menunjang pembudidayaan tanaman obat. Ada sejarah panjang yang melingkupinya

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya