Rabu 11 Desember 2019, 20:06 WIB

SEA Games 2019 Ditutup, Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Budi Ernanto | Olahraga
SEA Games 2019 Ditutup, Vietnam Tuan Rumah SEA Games 2021

Antara
Kontingen Indonesia berparade bersama kontingen 10 negara lainnya dalam upacara penutupan SEA Games ke-30, di Filipina.

SEA Games 2019 yang digelar di Filipina secara resmi ditutup pada Rabu (11/12). Penutupan ajang dua tahunan itu dilakukan Sekretaris Eksekutif Filipina Salvador Medialdea tepat pada pukul 19.25 waktu setempat di Stadion Atletik, New Clark City, Tarlac. Pada saat yang sama, api SEA Games yang telah dinyalakan pada upacara pembukaan pada Sabtu (30/12) juga dimatikan.

Setelahnya, oleh ketua panitia penyelenggara SEA Games 2019 (Phisgoc) Alan Peter Cayetano, bendera SEA Games diserahkan secara estafet kepada Ketua Umum Komite Olimpiade Vietnam Nguyen Danh Thai melalui Ketua Olimpiade Filipina Abraham Tolentino. Selanjutnya, bendera Vietnam dikibarkan sembari diiringi lagu kebangsaan negara tersebut.

Seperti diketahui Vietnam telah terpilih sebagai tuan rumah SEA Games 2021 dan ajang dua tahunan itu akan digelar di Hanoi.

Dalam acara penutupan SEA Games kali ini, hadir atlet-atlet dari 11 negara peserta SEA Games dan juga para relawan yang terlibat di ajang itu. Mereka dihibur oleh artis lokal dan juga Black Eyed Peas yang jadi bintang utama di acara itu.

Sementara itu, Cayetano sebelum SEA Games resmi ditutup, menyatakan bahwa ada banyak cerita yang bisa dikenang selama ajang tersebut berlangsung di Manila, New Clark City, dan Subic. Menurut Alan, di SEA Games tahun ini ada sejumlah rekor baru yang tercipta. Selain itu, SEA Games di Filipina juga paling banyak menyedot perhatian dibandingkan edisi-edisi sebelumnya.

SEA Games kali ini pun disebut Cayetano merupakan ajang yang diselenggarakan dengan standar tinggi seperti Asian Games.

''Kita baru memulai. Pembinaan atlet sejak dini sangat penting. Setelah SEA Games ini, kami (Filipina) akan mengajukan diri jadi tuan rumah Asian Games 2030,'' kata Cayetano. (OL-11)

Baca Juga

Antara/Yulius Satria Wijaya.

Mesir Pertama Kali Lolos ke Piala Sudirman

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 05:40 WIB
Piala Sudirman 2021 untuk pertama kali bakal berlangsung dalam dua tahap, yakni berdasarkan hasil kualifikasi kontinental serta tahap...
AFP/Andrej Isakovic.

Nikita Mazepin Ambil Pelajaran dari Kesalahan Besar Tahun Lalu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 05 Maret 2021, 05:35 WIB
Mazepin dan Schumacher akan menjajal VF-12 untuk pertama kali di Bahrain pada 12 Maret...
Antara/Aditya Pradana Putra

Ini Kata Pelatih soal Kegagalan Ganda Campuran di Swiss Terbuka

👤Rifaldi Putra irianto 🕔Kamis 04 Maret 2021, 23:12 WIB
Menurut Nova, sebenarnya, permainan Rinov/Pitha sudah benar. Sayangnya, wakil Merah-Putih ini banyak melakukan kesalahan-kesalahan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya