Selasa 21 Maret 2023, 15:40 WIB

Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu di Blitar Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

Fajar Agastya | Nusantara
Jelang Nyepi, Ribuan Umat Hindu di Blitar Gelar Pawai Ogoh-Ogoh

AFP/SONNY TUMBELAKA
Ilustrasi pawai ogoh-ogoh

 

RIBUAN umat Hindu mengelar pawai ogoh-ogoh di Jalan Bromo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Selasa (21/3) atau sehari menjelang Nyepi. Sebuah ritual untuk menyucikan lingkungan dari segala unsur negatif.

Para umat hindu berharap dengan adanya pawai ogoh ogoh ini, selain untuk kepentingan beribadah, juga bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Dalam pawai itu, umat Hindu membawa berbagai atribut keagamaan dan berbagai patung raksasa, dengan karakter jahat. Umat sangat antusias sebab pawai ogoh ogoh sempat terhenti selama tiga tahun akibat pandemi covid-19.

Baca juga : Menjelang Nyepi, Umat Hindu di Bali Laksanakan Upacara Tawur Kesanga, Identik dengan Ogoh-Ogoh

Pawai ogoh ogoh ini menjadi agenda rutin setiap tahun menyambut datangnya Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 22 Maret 2023, besok.

Pawai dimaksudkan untuk mengusir segela roh jahat, dan menyucikan lingkungan agar terhindar dari mala petaka.

Ketua Panitia Pawai Ogoh-Ogoh Blitar Raya, Setiyoko mengatakan pawai ini merupakan rentetan dari perayaan Nyepi, yang digelar setiap tahun. "Sudah selama tiga tahun sempat berhenti dan bisa di laksanakan tahun 2023 ini," kata Setiyoko.

Usai di arak berkeliling, ogoh-ogoh kemudian di bawa pulang ke tempat ibadah masing masing. Selanjutnya ogoh-ogoh tersebut dibakar di pura desa masing masing, sebagai simbol menghilang sifat buruk dari ogoh-ogoh tersebut, sebelum umat hindu melakukan Nyepi. (MGN/Z-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

AFP/Devi Rahman

Hari Waisak, Seruan Perdamaian Menggema dari Candi Borobudur

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 22:30 WIB
Puluhan raja Nusantara dengan mengenakan pakaian kebesaran masing-masing daerah menghadiri '2nd Borobudur World Peace, Prosperity...
Dok PARBI

PARBI dan PSBI Gelar Festival Mangardang 2023, Cari Penyanyi Lagu Batak Terbaik

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 22:25 WIB
Festival Mangardang 2023 berisi lomba nyanyi khusus lagu-lagu Batak yang dapat diikuti oleh semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang berusia...
Istimewa

Umat Katolik Harus Berani Laporkan Kasus Kekerasan Seksual Anak

👤Yohanes Manasye 🕔Sabtu 03 Juni 2023, 22:25 WIB
KASUS kekerasan seksual terhadap anak di wilayah Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), meningkat dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya