Rabu 18 Januari 2023, 14:05 WIB

UNS Lepas 1.403 Mahasiswa KKN ke 123 Desa di Jawa

Widjajadi | Nusantara
UNS Lepas 1.403 Mahasiswa KKN ke 123 Desa di Jawa

dok.UNS
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof.Dr Ahmad Yunus melepas 1403 mahasiswa UNS ikuti KKN Tematik membangun desa.

 

UNIVERSITAS Sebelas Maret (UNS) Surakarta melepas 1.403 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Membangun Desa periode Januari 2023, di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS Kentingan, Selasa (17/1/2023).
 
Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Prof Dr Ahmad Yunus menyebutkan, ribuan mahasiswa itu berasal dari 56 Program Studi (Prodi), dan terbagi dalam 142 kelompok, akan tersebar di 123 Desa di Jawa.   

Kegiatan KKN ini, jelas Prof Yunus, sebagai bentuk implementasi dan sekaligus memadukan antara ilmu pengetahuan yang diperoleh selama berkuliah di perguruan tinggi dengan kondisi riil yang dihadapi oleh masyarakat.   

"Mahasiswa diharapkan mampu menghadirkan solusi perubahan dan perbaikan yang terus menerus terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di daerah," ujar dia.
 
Mahasiswa dalam melaksanakan aktivitas KKN Membangun Desa ini, diharapkan bisa memberikan berbagai manfaat, baik saat turun ke desa atau turun ke industri masyarakat.

Lebih dari itu, mahasiswa sebaiknya mampu mengangkat permasalahan yang ada di lapangan dan mampu meninggalkan dampak yang positif. "Mudah-mudahan dalam pelaksanaan KKN ini bisa terlaksana dengan lancar," harap Yunus.
 
Menurut dia, Program KKN Membangun Desa ini untuk melakukan pendekatan empat rekayasa, yakni rekayasa sosial, rekayasa teknologi, rekayasa finansial, dan rekayasa pasar.   

Saat pelepasan KKN Tematik UNS Membangun Desa, dilaksanakan secara simbolis oleh Prof. Yunus kepada perwakilan Kepala Desa Srimulyo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Sragen, Tri Prasetyo Utomo, S.Si.  

Tri Prasetyo Utomo, selaku Kepala Desa Srimulyo yang juga alumnus Prodi Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNS berharap, kepada Unit Pengelola KKN UNS, agar praktik KKN memberikan kemajuan pada desa desa yang disasar. (OL-13)

Baca Juga: UGM Terjunkan 1.333 Mahasiswanya KKN ke 152 Desa di 10 Provinsi

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rahmad

Belitung Targetkan Ekspor 100 Ton Ikan Kerapu ke Hong Kong

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:55 WIB
"Target kita masih tetap 100-120 ton tahun ini. Kerapu hidup tujuan negara ekspor juga masih sama yakni Hong...
Dok. Pribadi

Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:33 WIB
Paus Fransiskus mengangkat Uskup Yan sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar sekaligus menempatkan Uskup Yanuarius...
DOK MI

Kapolres Tegaskan Berita Penculikan Balita Dan Siswa Di Jember Hoaks

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:06 WIB
KAPOLRES Jember AKB Hery Purnomo menegaskan tidak ada kasus penculikan anak-anak balita dan siswa seperti yang ramai di sejumlah media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya