Rabu 18 Januari 2023, 07:10 WIB

Selami Aspirasi Ponpes, GGN Jatim Beri Bantuan Pembangunan Asrama

mediaindonesia.com | Nusantara
Selami Aspirasi Ponpes, GGN Jatim Beri Bantuan Pembangunan Asrama

dok.ist
Jaringan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jatim memberikan bantuan untuk Ponpes Bait At-Taqwa, Desa Kedunglurah, Kec. Pogalan, Kab. Trenggalek, Jatim

 

RELAWAN Jaringan Gus-Gus Nusantara (GGN) Jawa Timur kembali melakukan aksi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kenyamanan lingkungan pesantren.

Sukarelawan pendukung Ganjar Pranowo itu kini mendatangi Pondok Pesantren Bait At-Taqwa, Desa Kedunglurah, Kec. Pogalan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur, kemarin.

Hadirnya GGN di tengah-tengah masyarakat untuk menebar kebaikan dan kebermanfaatan bagi sesama. Dalam aksinya, GGN menyalurkan bantuan berupa sepuluh sak semen, satu rit pasir, lima buah sekop, dan 3.000 batu bata.

Sejumlah material bangunan tersebut diterima oleh KH. Mohammad Cholifah Sholeh selaku pendiri ponpes di sela-sela acara "Doa Bersama untuk Keselamatan NKRI".

Rencananya, bantuan dari GGN bakal diperuntukkan bagi pembangunan asrama santri putra Ponpes Bait At-Taqwa.

"Kami terdorong untuk memberikan sedikit bantuan kepada Pondok Bait At-Taqwa ini, karena pondok yang digunakan untuk menggembleng para santri yang sesuai dengan akidah ahlussunah wal jamaah. Sehingga GGN terus memperhatikan kontruksi bangunan yang ada di ponpes," ucap Koordinator Wilayah GGN Jawa Timur, Gus Alwy Hasan.

Gus Alwy menyebut, pondok pesantren berperan dalam perkembangan masyarakat sekitar. Bukan hanya menjadi denyut nadi pengajaran agama saja, melainkan juga membantu masyarakat pada kehidupan sosial, pendidikan, dan ekonomi.

Pondok Pesantren Bait At-Taqwa sendiri berdiri sejak tahun 1999, dan kini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan, penambahan jumlah santri setiap tahunnya membuat ponpes tersebut memerlukan bangunan asrama baru sebagai tempat tinggal dan aktivitas santri.

"Pondok Bait At-Taqwa adalah pondok tua yang mayoritas masyarakat Trenggalek ini mengacungi keberhasilan pondok tersebut dalam mendidik akhlak masyarakat Trenggalek. Kami berharap bantuan ini dapat menambah jumlah santri dan meningkatkan semangat mereka dalam menuntut ilmu," jelas Gus Alwy.

Gus-Gus Nusantara yang berlatar belakang putra para kiai mempunyai niat baik meningkatkan kualitas pendidikan pesantren. Untuk itu, lanjut Gus Alwy, pihaknya berkomitmen akan menyelami aspirasi-aspirasi pondok pesantren dan masyarakat di wilayah Jawa Timur.

"Insyaallah ke depan Gus-Gus Nusantara akan selalu menganalisis, menyelami, dan silaturrahmi ke ponpes di wilayah Jatim," tutup Gus Alwy.

KH. Mohammad Cholifah Sholeh selaku pendiri Ponpes Bait At-Taqwa menyambut baik adanya bantuan material bangunan yang diberikan oleh GGN.

Dia berharap, GGN dapat secara kontinyu memberikan bantuan kepada Ponpes Bait At-Taqwa demi meningkatkan kenyamanan dan kualitas pendidikan pesantren.

"Kami ucapkan sangat terima kasih sekali kepada Gus-Gus Nusantara atas kepeduliannya ke pondok pesantren kami dan saya harapkan untuk continue," ungkap KH. Cholifah.

"Tentunya setelah selesai pembangunan asrama, insyaallah anak-anak didik lebih merasakan fasilitas tempat yang lebih memadai dibanding sebelumnya," imbuh KH. Cholifah. (OL-13)

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

4 Arahan Gubernur Ganjar Percepatan Penanganan Kemiskinan

👤Haryanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:32 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, meminta seluruh kepala desa (kades) untuk membuat inovasi langkah pengentasan kemiskinan yang ada di...
Ist

Kopnuspos Berbagi Kasih untuk Para Pensiunan di Kabupaten Belu, NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:29 WIB
Dalam kegiatan ini, dilaksanakan senam sehat pensiunan, pengundian doorprize dan pembagian sembako kepada 325 anggota pensiunan...
ANTARA/Ario Tanoto

Wapres Minta Daerah Antisipasi Karhutla

👤Denny Susanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 17:27 WIB
BMKG memprediksi sejumlah wilayah berpotensi mengalami kekeringan pertanian di bagian Indonesia Barat hingga Timur serta ancaman karhutla...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya