Jumat 13 Januari 2023, 21:00 WIB

Dinkes Cianjur Sebar Edaran Bahaya Konsumsi Cikbul

Benny Bastiandy | Nusantara
Dinkes Cianjur Sebar Edaran Bahaya Konsumsi Cikbul

Medcom
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah menyebarkan surat edaran kewaspadaan bahaya mengonsumsi ciki ngebul alias cikbul. Pasalnya, sifat korosif yang berasal dari kandungan nitrogen secara terus menerus bisa mengganggu kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Irvan Nur Fauzy, menuturkan sejauh ini di Kabupaten Cianjur dilaporkan tidak ada korban akibat cikbul. Di Jawa Barat sendiri, kasusnya baru ditemukan di Tasikmalaya.

"Kalau di Jawa Barat kan di Tasikmalaya kita dapat informasi itu. Lalu Kemenkes membuat edaran, lalu provinsi. Kita juga menyebarkan edaran kewaspadaan. Ciki ngebul itu bisa mengganggu pencernaan Bahkan fatalnya bisa terjadi porporasi atau robek pada saluran pencernaan. Itu yang perlu diwaspadai," ucap Irvan, Jumat (13/1).

Karena itu, sebut Irvan, surat edaran yang juga disebarkan ke setiap puskesmas diharapkan bisa menjadi upaya antisipatif. Terlebih, sejauh ini belum ada pelarangan hanya sebatas kewaspadaan. "Kita sesuai dengan yang diinstruksikan. Kita mapping dulu kewaspadaannya," ujarnya.

Kalaupun nanti ditemukan kasusnya, sebut Irvan, bisa dijadikan sebagai kejadian luar biasa (KLB). Irvan menuturkan peredaran cikbul biasanya berada di tempat-tempat tertentu. "Seperti di CFD (car free day) atau pusat-pusat keramaian," katanya.

Irvan menyarankan masyarakat, terutama anak-anak, lebih baik memilih jajanan yang lebih bergizi dan menyehatkan. Peran orangtua juga diperlukan untuk mengawasinya. "Saran kami lebih baik membeli jajanan bergizi dan menyehatkan," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.ant

Polda NTT : Tak Ada Laporan Penculikan Anak di Kota Kupang

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:39 WIB
KABID Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Ariasandy memastikan tidak ada penculikan anak di wilayah Kota...
dok.ant

Sakit Hati Alasan Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Merampok

👤Faishol Taselan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:32 WIB
MOTIVASI mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur Samanhudi Anwar yang terlibat dalam perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar akhirnya...
MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya