Rabu 11 Januari 2023, 13:26 WIB

PT PLN Berhasil Pulihkan Kelistrikan di Tanimbar Usai Gempa

Mediaindonesia.com | Nusantara
PT PLN Berhasil Pulihkan Kelistrikan di Tanimbar Usai Gempa

Antara
Ilustrasi

 

PT PLN (Persero) berhasil memulihkan 100 persen sistem kelistrikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, pascagempa dengan magnitudo 7,5 pada Selasa (10/1).

"PLN bergerak cepat dalam menormalkan kondisi sistem kelistrikan dan berhasil memulihkan tujuh gardu distribusi yang terdampak atau 100 persen dari sistem kelistrikan Kepulauan Tanimbar," kata Manajer PLN UP3 Saumlaki, Robert Leimena, Rabu (11/1).

Ia mengatakan, seluruh gardu distribusi yang terkena dampak dan mengalami gangguan diakibatkan oleh pepohonan yang roboh menimpa gardu distribusi.

"Saat ini sebanyak 723 pelanggan yang terdampak sudah dapat kembali menikmati pelayanan kelistrikan," katanya.

Ia menyatakan, PLN telah melakukan beberapa upaya perbaikan jaringan distribusi yang mengalami kerusakan, di antaranya perbaikan tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang miring, perbaikan konstruksi SUTM yang patah hingga perbaikan isolator yang berjatuhan, sehingga masyarakat dapat kembali menikmati listrik dengan aman.

"Kami langsung bergerak cepat untuk melakukan pemulihan pascabencana. Untuk penyulang dalam kota sudah normal tadi pagi, hanya saja untuk penyulang ilngey yang menuju luar Kota Saumlaki baru bisa dinormalkan secara menyeluruh sejak Selasa malam," ujar Robert.

Tim katanya, telah berupaya semaksimal mungkin agar pemulihan dapat dilakukan secepatnya, sehingga semua aset ketenagalistrikan PLN dapat beroperasi 100 persen.

Selain itu PLN, terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk tetap siaga dan waspada terhadap bencana yang terjadi.

"Kesigapan ini juga tidak terlepas dari kerja sama dan dukungan dari para stakeholder terkait," ujar Robert.

Selain itu satu unit pelayanan terdampak akibat gempa yakni Unit Pelayanan Tepa di mana sebagian pagar PLTD di Unit Pelayanan roboh akibat guncangan gempa yang kuat. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rahmad

Belitung Targetkan Ekspor 100 Ton Ikan Kerapu ke Hong Kong

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:55 WIB
"Target kita masih tetap 100-120 ton tahun ini. Kerapu hidup tujuan negara ekspor juga masih sama yakni Hong...
Dok. Pribadi

Uskup Baru Jayapura Serukan Hentikan Kekerasan di Tanah Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:33 WIB
Paus Fransiskus mengangkat Uskup Yan sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar sekaligus menempatkan Uskup Yanuarius...
DOK MI

Kapolres Tegaskan Berita Penculikan Balita Dan Siswa Di Jember Hoaks

👤Widhoroso 🕔Kamis 02 Februari 2023, 23:06 WIB
KAPOLRES Jember AKB Hery Purnomo menegaskan tidak ada kasus penculikan anak-anak balita dan siswa seperti yang ramai di sejumlah media...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya