Selasa 10 Januari 2023, 21:50 WIB

Simpatisan Lukas Enembe Tewas, Polisi: Ditembak Bawah Pinggang

Siti Yona Hukmana | Nusantara
Simpatisan Lukas Enembe Tewas, Polisi: Ditembak Bawah Pinggang

DOK MI.
Ilustrasi.

 

SEORANG simpatisan Gubernur Lukas Enembe tewas dalam kerusuhan di Bandara Sentani, Jayapura, Papua. Dia meregang nyawa akibat timah panas yang diletuskan aparat kepolisian.

"Korban ditembaknya di bawah pinggang," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Prabowo saat dikonfirmasi, Selasa (10/1). Sebelum penembakan, aparat telah meletuskan tembakan peringatan. 

Kemudian, titik penembakan itu tidak mematikan. Menurutnya, itu standar untuk melumpuhkan. "Namun memang yang bersangkutan pada saat dilakukan perawatan di rumah sakit dinyatakan meninggal dunia," ujar Ignatius.

Ignatius tak membeberkan identitas simpatisan Lukas yang tewas. Namun, dia menyebut korban ialah simpatisan yang juga keluarga Lukas Enembe. 

Tindakan tegas dan terukur dilakukan karena seorang simpatisan itu melawan petugas yang sedang melakukan penyekatan dan pengamanan. "Mereka menyerang petugas yang melakukan penyekatan yang melakukan pengamanan. Karena itu, dilakukan upaya untuk menghentikan perbuatannya karena membahayakan petugas," kata Ignatius.

Ignatius menyebut kerusuhan terjadi saat Lukas Enembe hendak naik ke atas pesawat. Simpatisan berupaya menghalangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa Lukas ke Jakarta.

"Mereka tidak ingin Bapak LE dibawa ke KPK gitu. Jadi mereka berusaha untuk masuk ke area pengamanan," jelas Ignatius.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap Lukas saat makan siang di Jayapura, Papua sekitar pukul 14.00 WIT, Selasa 10 Januari 2023. Kader Partai Demokrat itu menjadi tersangka dalam tiga dugaan tindak pidana korupsi yakni dugaan penyimpangan dana operasional pimpinan, dana Pekan Olahraga Nasional (PON), dan pencucian uang.

Kerusuhan pertama terjadi saat KPK membawa Lukas Enembe ke Mako Brimob Kotaraja, Jayapura. Massa Lukas melempar Mako Brimob Kotaraja. Dua provokator ditangkap dan masyarakat lain dibubarkan.

Kerusuhan kedua terjadi di Bandara Sentani saat Lukas dibawa untuk terbang ke Jakarta. Lukas Enembe kini hampir tiba di Jakarta. Lukas akan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Kemudian, menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Gatot Subroto, Jakarta Pusat. (OL-14)

Baca Juga

dok.Pemprov Jateng

Tekan Inflasi dan Pastikan Ketersediaan Beras di Jateng, Ganjar Gandeng BULOG

👤Haryanto 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:54 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus berupaya menekan angka inflasi di Jateng. Kali ini menggandeng BULOG untuk mengatasi...
Antara

Sebelum Dievakuasi, 15 Pekerja Puskesmas Paro Ditolong Pendeta

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:42 WIB
Diketahui, belasan pekerja proyek pembangunan puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, sempat dicurigai KKB sebagai personel TNI...
ANTARA

Pemkot Kupang Tertibkan Pedagang Daging Babi

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:40 WIB
Melky mengatakan hal itu terkait maraknya penjualan daging babi di Kota Kupang yang dijual dengan harga murah di tengah adanya kasus virus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya