Rabu 04 Januari 2023, 10:35 WIB

Cek Dapur Umum, Ganjar Pastikan Kebutuhan Pengungsi Banjir Terpenuhi

Haryanto | Nusantara
Cek Dapur Umum, Ganjar Pastikan Kebutuhan Pengungsi Banjir Terpenuhi

dok.Pemprov Jateng
Ganjar, saat meninjau dapur umum di Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) di Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pe

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memastikan pasokan logistik dan makan untuk para pengungsi banjir Pekalongan aman selama berada di tenda pengungsian.

Hal itu disampaikan Ganjar, saat meninjau dapur umum di Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) di Kecamatan Pekalongan Barat, Kota Pekalongan. Ganjar didampingi Wali Kota Pekalongan, Afzan Arslan Djunaid.

"Aman, aman sekali. Pak Wali Kota ini selalu mengontrol setiap hari jadi kita bisa memastikan bahwa masyarakat yang ada di dalam pengungsian mereka aman," ujar Ganjar di dapur umum pada Selasa (3/1/2023).

Ganjar menjelaskan, pengungsi rata-rata didominasi oleh kalangan ibu-ibu, anak-anak dan balita. Ganjar mendapati pengungsi dalam kondisi baik-baik saja dan pasokan logistik ke seluruh titik pengungsian aman dan lancar.

Bahkan, lanjut Ganjar, tidak hanya para pengungsi korban banjir saja yang mendapatkan jatah logistik makanan, tetapi seluruh masyarakat yang terdampak banjir juga mendapatkan jatah.

Untuk dapur umum Dinsos P2KB yang didirikan sejak 1 Januari kemarin membuat makanan 2.000 porsi setiap harinya. Kepada setiap pengungsi, mereka menyalurkan jatah makan 3 kali sehari, yakni pagi, sore dan malam ke beberapa titik pengungsian.

"Bahkan tidak hanya yang ada di pengungsian, tetapi termasuk yang terdampak (banjir). Yang terdampak mendapatkan kiriman, maka tadi saya tanya ibu-ibu sudah dikirim belum, sebentar lagi pak," ucap Ganjar.

"Kalau mereka tidak mengambil apa yang kita lakukan, kita yang akan mengirim ke sana. Maka ini cara kita memastikan bahwa seluruh pengungsi insya Allah mendapat jatah makan sehari tiga kali," lanjut Ganjar.

Kendati demikian, Ganjar menyarankan agar menu makanan yang diberikan untuk pengungsi harus berupa makanan yang menyehatkan, agar asupan gizi untuk para pengungsi tetap terjaga.

"Menunya perlu diganti, biasanya dalam kondisi darurat banyak bantuan mie instan sama telur, telur boleh saja terus-terusan tapi mie-nya diganti. Maka tadi ada masakan sayurnya. Sekali-kali boleh tanya ke pengungsi mau makan apa," kata Ganjar.(OL-13)

Baca Juga: 'Kandang Banteng' Kebanjiran PDI Perjuangan Enggan Komentar

Baca Juga

Dok MI

Marudut Peringatkan Jangan Sebar Isu Hoaks Kasus Hanifah Husein

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:47 WIB
Marudut menegaskan bahwa pihaknya telah memastikan MAKI tidak memiliki cabang di Sumatera...
MI/Benny Bastiandy

Angin Kencang Terjang Cianjur, Pohon-Pohon Tumbang

👤Benny Bastiandy 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:11 WIB
KABUPATEN Cianjur, Jawa Barat, diterjang angin kencang, Sabtu (4/1) pagi. Di sejumlah wilayah dilaporkan terjadi pohon...
MI/Haryanto-HO

Ganjar Rencana Naikan Nominal Bantuan KJS Lagi

👤Haryanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:10 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menaikan nominal bantuan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) sebanyak Rp1,4 juta. Ganjar pun berencana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya