Selasa 03 Januari 2023, 10:40 WIB

Atasi Banjir di Tambakrejo, Ganjar Percepat Pengadaan Pompa Air Portabel

Haryanto | Nusantara
Atasi Banjir di Tambakrejo, Ganjar Percepat Pengadaan Pompa Air Portabel

dok.Pemprov Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Sambil gowes pada Selasa (3/1) pagi, meninjau kampung yang kebanjiran di Kota Semarang.

 

SEJUMLAH titik banjir masih ditemukan di Kota Semarang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, masih terus memantau secara langsung titik banjir setiap harinya, seperti di Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Gayamsari.

Sambil gowes sepeda pada Selasa (3/1) pagi, Ganjar meninjau kampung yang bersebelahan dengan Kali Tambakrejo dan Banjir Kanal Timur dan masih terendam banjir setinggi lutut orang dewasa. Di sana juga didirikan dapur umum dari Polda Jawa Tengah untuk membantu warga yang terdampak banjir.

"Tambakrejo ini bagian yang relatif agak lama genangannya. Tadi Pak Camat menyampaikan, aliran sungainya ke Sungai Tenggang, tapi di sana penuh. Maka mestinya dibawa ke Banjir Kanal Timur, kalau di Tenggang penuh, sebenarnya bisa ke Banjir Kanal Timur ini," ujar Ganjar di dapur umum posko tanggap bencana.

Untuk mempercepat pengurangan debit genangan air di Tambakrejo, Ganjar menyebutkan bakal berkoordinasi dengan Kementerian PUPR terkait penyediaan pompa portabel tambahan.

Sebab rencananya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan meninjau beberapa titik banjir di Kota Semarang, termasuk di Tambakrejo. Ganjar berharap PUPR bisa menyediakan pompa portabel untuk membantu penyedotan air.

"Pak Basuki (Menteri PUPR) mau ke sini hari ini. Saya sampaikan beberapa titik yang cukup lama. Kalau kita pinjam pompa portable untuk kita pasang di beberapa tempat sambil mencari selang yang agak panjang, sehingga ada satu rekayasa pemompaan yang bisa jauh lebih baik," jelas Ganjar.

Ganjar menjelaskan, lamanya banjir yang terjadi di Tambakrejo lantaran tak berfungsinya pompa air yang berada di Politeknik Pekerjaan Umum, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang.

Oleh sebab itu, Ganjar akan kembali mengumpulkan kepala daerah agar kebutuhan yang diperlukan untuk penanganan banjir bisa segera diprioritaskan.

"Di beberapa kampung juga kita lihat pompanya ikut terendam. Kalau itu menjadi jalur lalu lintas masyarakat, mesti dipasang yang portable. Mudah-mudahan nanti lebih tertata karena kemarin rapatnya kita lakukan, tinggal eksekusi saja," kata Ganjar.

"Tapi hari ini mau saya rapatkan secara keseluruhan. Karena yang paling tahu kan sebenarnya yang ada di kota kabupaten, tinggal eksekusi. Kalau sulit kita yang membantu," lanjut Ganjar.(OL-13)

Baca Juga: Ganjar Pastikan Pasokan Logistik Aman Ditengah Potensi Bencana Akibat Cuaca Ekstrem

 

Baca Juga

Antara

Ratusan Hektare Sawah di Sumbawa Terendam Banjir

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:40 WIB
Ratusan hektare sawah di Sumbawa terendam banjir. Selain sawah, puluhan kuintal pupuk dan gabah milik warga juga terkena...
MI/Agus Utantoro

991 Gempa Terjadi Di Puncak Merapi Dalam Sepekan Terakhir

👤Agus Utantoro 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:30 WIB
DALAM sepekan terakhir, tercatat terjadi 991 kali gempa di puncak Gunung Merapi. Selain itu terjadi enam kali guguran lava dengan jarak...
Medcom

Gempa Garut Rusak 586 Rumah

👤Kristiadi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 22:10 WIB
586 rumah di Kecamatan Pasirwangi dan Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut mengalami kerusakan akibat gempa berkekuatan magnitudo 4,3, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya