Selasa 27 Desember 2022, 11:35 WIB

Beri Suasana 'Adem' di Pemilu 2024, Ganjar Gandeng Ulama dan Tokoh Masyarakat

Haryanto | Nusantara
Beri Suasana

MI/Haryanto
Gubernur Ganjar Pranowo menggandeng ulama hingga tokoh agama dalam memberikan suasana 'adem' menjelang Pemilu 2024 di Jawa Tengah.

 

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menggandeng ulama hingga tokoh agama dalam memberikan suasana 'adem' menjelang Pemilu 2024 di Jateng. Sebab peran mereka sangat penting.

"Hari ini peran tokoh masyarakat juga penting untuk mengedukasi. Tokoh agama, ulama, termasuk dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah ini sangat aktif," kata Ganjar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Kota Semarang, Jateng, Senin (26/12/2022).

Lebih lanjut, Ganjar menyebut pesan yang disampaikan ulama dan tokoh masyarakat selalu menyejukkan. Sehingga, kata Ganjar, masyarakat dapat memahami pentingnya persatuan Indonesia.

"Beberapa waktu lalu juga kita berkali-kali membuat halaqah bagaimana kita bisa menjalankan dengan baik. Maka peran, pesan, dari para sesepuh termasuk dari ulama juga penting," kata Ganjar.

Di samping ulama dan tokoh agama, Ganjar mengatakan bahwa pihak aparat juga selalu memantau perkembangan yang terjadi di masyarakat. Ganjar mengatakan, aparat penegak hukum juga punya peran edukasi.

"Tentu saja dari aparat penegak hukum mengikuti terus menerus, ngga pernah putus. Bahkan peta-peta daerah-daerah seluruh Jawa Tengah juga sudah ada. Tinggal kita mengedukasi," imbuhnya.

Ganjar pun menyatakan Jateng siap menyelenggarakan Pemilu 2024 mendatang. Ganjar mengatakan, kesiapan itu didasari dengan pengalaman mengawal pesta demokrasi di tahun-tahun sebelumnya.

"Insya Allah siap (menyelenggarakan). Yang pertama kita sudah punya pengalaman berkali-kali ikut pemilu. Pemilu apapun, mulai Pilkades, Bupati/Wali Kota, Gubernur, Presiden, sampai DPR/DPRD sudah pernah," pungkas Ganjar. (OL-13)

Baca Juga: Khofifah Minta Kepala Derah Membangun Konektivitas Pasar Ekspor Hasil Laut

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Umarul Faruq

Masyarakat dan Wisatawan Diminta Waspada atas Meningkatnya Aktivitas Gunung Bromo

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:13 WIB
Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) meminta masyarakat termasuk wisatawan untuk tetap waspada terkait adanya...
Antara/Nova Wahyudi

BPODT Siapkan Sejumlah Agenda Internasional Promosikan Danau Toba

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:01 WIB
Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) menyiapkan sejumlah agenda bertaraf nasional hingga internasional sebagai salah satu upaya untuk...
Ist

Kini Para Santri dan Masyarakat Desa Sukamulya Tak Lagi Beli Air Bersih

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:56 WIB
 BWA Inovasi Wakaf telah meresmikan proyek Wakaf Sarana Air Bersih di Kampung Pamokolan, Desa Sukamulya, Bogor, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya