Rabu 23 November 2022, 23:22 WIB

DPP NasDem Diingatkan Harus Cermat Tentukan Ketua NasDem Papua Tengah

Thomas Harming Suwarta | Nusantara
DPP NasDem Diingatkan Harus Cermat Tentukan Ketua NasDem Papua Tengah

Dok. Pribadi
Tokoh pemuda Papua Tengah dan Kader NasDem Frans Magai

 

KADER NasDem dan Tokoh Pemuda Papua Tengah (Wilayah Meepago) Frans Magai meminta jajaran DPP NasDem di Jakarta untuk bijak dalam menentukan pemimpin partai NasDem di Provinsi Baru pemekaran Papua Tengah. Hal ini penting karena wilayah Papua Tengah memiliki karakteristik tersendiri terutama tensi konflik yang sangat tinggi. 

Setidaknya pemimpin partai di wilayah Papua Tengah harus benar-benar kader NasDem yang memahami seluk-beluk wilayah dengan baik, dan terutama memiliki kapasitas untuk membesarkan partai serta paham visi-misi dan semangat perjuangan partai.

"Sebagai kader Partai NasDem dan tokoh pemuda tentu saja kami harapkan yang terbaik untuk partai ini khusus wilayah Papua Tengah. Karena itu DPP kami harapkan mengambil keputusan yang bijak untuk menentukan Pemimpin NasDem di wilayah Papua Tengah ini. Karena kalau salah pilih bisa bahaya," ungkap Frans dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (23/11).

Frans memberikan pertimbangan, banyak kader Partai NasDem Provinsi Tengah yang dinilai memiliki kapasitas untuk membesarkan partai di wilayah ini. 

"Kalau bicara tokoh tentu saja ada beberapa nama, dan yang menonjol saat ini adalah Anggota DPR Papua dua periode Laurenzus Kadepa. Dia kader tulen, punya pengalaman juga dan orang asli Meepago, maka tentu saja kenal dengan baik dinamika wilayahnya," ucap Frans.

Dia meyakini Partai NasDem memiliki basis dukungan kuat di wilayah Papua Tengah, apalagi pada Pileg 2019 lalu, Dapil yang kini masuk wilayah Papua Tengah memberikan dukungan suara signifikan untuk Partai NasDem. 

Baca juga : NasDem Jabar Pastikan Logistik Warga Terdampak Gempa Cianjur Terpenuhi

"Selain itu tentu saja hal ini tidak terlepas dari semangat restorasi Ketua Umum NasDem Bapa Surya Paloh yang sangat kontekstual dengan situasi Papua Tengah. Jadi kami sangat berharap agar DPP mengambil keputusan yang bijak dan tepat maka NasDem Papua Tengah akan menjadi lumbung suara partai NasDem," ucapnya.

Ditambahkan juga oleh Tokoh Pemuda Papua Tengah yang lain Alexander Gobai yang mendorong terjadinya penyegaran di tubuh Partai NasDem dengan memberi tempat bagi kader-kader muda potensial. Bukan hanya itu, NasDem Papua Tengah juga sebaiknya diisi oleh kader NasDem dari suku Mee sendiri bukan dari luar apalagi dikarbit dari partai lain. 

"Anak Suku Mee di NasDem sudah ada yang bagus tinggal diberi kepercayaan. Malah akan berbahaya jika NasDem Papua Tengah justru diberikan kepada orang dari luar wilayah Meepago, apalagi makin parah jika diambil dari partai lain," katanya.

Alex berharap DPP NasDem memperhatikan betul aspirasi dari bawah, kader-kader NasDem di wilayah Papua Tengah. 

"Saat ini NasDem jangan sampai salah ambil keputusan. Begitu salah keputusan maka saya pastikan banyak kader di bawah akan keluar. Terutama kalau melihat dinamika ada dorongan kursi Ketua NasDem Papua Tengah diisi oleh orang dari luar Meepago," pungkas Alex. (OL-7) 

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

UMP Sumbar 2023 Naik 9,15 Persen

👤Yose Hendra 🕔Selasa 29 November 2022, 17:29 WIB
Jumlah ini sesuai dengan yang disepakati dalam rapat Dewan Pengupahan yang berlangsung 3 kali secara tripartit dengan unsur...
Dok.PGRI

Peringatan HUT PGRI, Wali Kota Pematang Siantar Serahkan Penghargaan kepada Guru Penggerak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 November 2022, 17:25 WIB
PGRI Kota Pematang Siantar memberikan apresiasi kepada Wali Kota Pematang Siantar Susanti Dewayani yang telah memberikan dukungan moril...
Ist

Tanoni Ingatkan Utusan Australia tidak Dekati Pemkab Rote Ndao

👤Palce Amalo 🕔Selasa 29 November 2022, 17:20 WIB
Ia minta Bupati Paulina Haning menegaskan Gugusan Pulau Pasir merupakan milik masyarakat adat Timor, Rote, Sabu, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya