Jumat 04 November 2022, 20:10 WIB

Daun Nanas Jadi Serat Kain, Menkop UKM Minta Potensi Lokal Dikembangkan

Jamaah | Nusantara
Daun Nanas Jadi Serat Kain, Menkop UKM Minta Potensi Lokal Dikembangkan

MI/Jamaah
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat mengunjungi stand UMKM yang dipamerkan di Wisma Djarum, Kota, Kudus, Jumat (4/11)

 

MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi aneka olahan nanas menjadi berbagai hal dari Bumdes Sarimase Desa Pedawang. Hal ini ditemui Teten saat mengunjungi stand UMKM di Wisma Djarum Ploso, Jati, Kudus, Jumat (4/11).

Dalam kunjungannya di Kudus, MenkopUKM tertarik dengan olahan yang memanfaatkan daun nanas menjadi serat nanas alternatif untuk serat kain. Menurutnya, kondisi kapas dan sutera yang mulai turun, bisa digantikan dengan serat daun nanas sebagai bahan baku tekstil.

Teten tertarik karena daun nanas yang biasanya hanya sebagai limbah kini dapat dimanfaatkan jadi serat nanas. Apalagi, bahan baku pakaian di Indonesia sebagian besarnya masih impor karena tak punya bahan baku kapas melimpah.

"Luar biasa cerdas, ketika pangsa kapas dan sutera sudah mulai down (menurun). Dunia akan butuh skala makro, agar serat daun nanas menjadi pengganti kapas dan sutera sebagai bahan baku tekstil," ujarnya.

Dihadapan perwakilan Bumdes Simase Sidomakmur Sejahtera Desa Pedawang, saat melihat olahan nanas dan labu jipang, Teten juga mengapresiasi berbagai olahan lainnya seperti Nata De Pina berbahan kulit nanas, sirup labu jipang.

"Saya harap perkebunan nanas harus siap digerakan besar-besaran. Jangan berhenti belajar, rangkul beberapa daerah untuk kembangkan kebun nanas di Kudus ini," imbuhnya.

Baca juga: Kain Sulam Jelujur Pesawaran Akan Ikuti New York Indonesia Fashion Week

Dengan melihat berbagai olahan Bumdes Pedawang, pihaknya siap mendampingi dalam upaya ketahanan pangan serta pemberdayaan masyarakat.

"Ini bagus, dibikin bisnis saja. Saya sudah lihat di Magelang rumah tenun Magelang. Produksi berbagai sumber serat, nanti bisa kolaborasi untuk dikembangkan lagi, nanti dibikin rencana bisnis," harapnya.

"Usul saya bagimana kembangkan kebun nanas sendiri atau bermitra dengan masyarakat desa lain," ucapnya.

Sementara perwakilan Bumdes Simase Sidomakmur Sejahtera Desa Pedawang Rubiyanto berterima kasih atas arahan dalam upaya merintis potensi alam di Desa Pedawang. Menurutnya, desa rintisan wisata tersebut masih berupaya untuk dikembangkan lagi agar menjadi daya tarik masyarakat luas.

"Tadi kami minta sama pak Menteri untuk pendampingan dari Pemkab Kudus dan dinas terkait untuk membantu. Agar mindset petani berubah menuju ke pemikiran milenial," tutur Rubiyanto.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA

Pencarian Korban Hilang Gempa Cianjur Diusulkan Diperpanjang Lagi

👤Widhoroso 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:42 WIB
Pemkab Cianjur sudah mengusulkan untuk memperpanjang lagi proses pencarian korban hilang akibat bencana gempa di...
Medcom

BMKG Bali Keluarkan Peringatan Potensi Munculnya Cuaca Ekstrem

👤Ruta Suryana 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:31 WIB
BMKG Wilayah III Denpasar mengeluarkan peringatan dini untuk potensi hujan yang disertai petir dan angin kencang berdurasi...
MI/Yoseph Pencawan

Yayasan Karya Murni Kampanyekan Inklusi Disabilitas dari Pinggir Jalan

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:12 WIB
Ratusan anak penyandang disabilitas SLB Yayasan Karya Murni Medan berkampanye di tepi jalan mengedukasi masyarakat tentang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya