Jumat 04 November 2022, 13:35 WIB

Gubernur Kalsel Tinjau Jalan Trans Kalimantan Putus akibat Tambang

Denny S Ainan | Nusantara
Gubernur Kalsel Tinjau Jalan Trans Kalimantan Putus akibat Tambang

MI/Denny S
Gubernur Sahbirin Noor (kedua kiri) pimpin rombongan turdes ke pelosok Kalimantan Selatan, Kamis (3/11/2022)

 

GUBERNUR Kalimantan Selatan (Kalsel), Sahbirin Noor meninjau langsung kondisi ruas jalan Trans Kalimantan di Desa Satui Barat km 171 Satui, Kabupaten Tanah Bumbu yang putus beberapa waktu lalu, akibat adanya aktivitas tambang.

Peninjauan kondisi kerusakan jalan utama menuju Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, serta kondisi kerusakan puluhan rumah warga sekitar ini merupakan rangkaian kegiatan blusukan ke desa-desa dan pedalaman (turdes) di sejumlah kabupaten.

"Kita minta ini menjadi perhatian semua pihak terkait, terutama untuk perbaikan ruas jalan nasional juga perhatian terhadap warga yang terkena dampak," tegas Sahbirin, Jumat (4/11/2022).

Seperti diketahui ruas jalan Trans Kalimantan di Desa Satui Barat, Kabupaten Tanah Bumbu, kembali terputus akibat longsor. Terputusnya jalan utama ini setidaknya sudah tiga kali terjadi, meski sebelumnya upaya perbaikan darurat ruas jalan dengan cara menimbun ruas jalan yang ambles telah dilakukan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) wilayah Kalimantan.

Selain mengakibatkan jalan rusak, longsor yang disebabkan aktivitas tambang batubara ini juga menyebabkan terjadinya kerusakan puluhan rumah warga sekitar. Kuat dugaan selain cuaca buruk longsor dipicu adanya aktivitas tambang batubara di sekitar jalan dan perkampungan warga.
Arus transportasi menuju ibukota Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru terpaksa dialihkan.

Agus Rismalian Nor, Kuasa Hukum Warga Desa Satui Barat, mengatakan ada sejumlah perusahaan tambang yang beroperasi di sekitar lokasi kejadian antara lain IUP PT Autum bara energy, IUP CV Anugerah Borneo Coal dan IUP PT Mitra Jaya Abadi Bersama. Wilayah ini juga masuk
konsesi PT Arutmin Indonesia.

Kegiatan blusukan yang dipimpin Gubernur Kalsel ini dijadwalkan berlangsung tanggal 3-7 November 2022. Turdes ini melibatkan ratusan motor trail dan puluhan truk pengangkut aneka bantuan untuk masyarakat desa.

Adapun rute turdes dimulai dari Kota Banjarbaru menuju Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru. Kemudian menuju Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong, Hulu Sungai Utara, Banjar, Barito Kuala dan berakhir di Kota Banjarmasin. (OL-13)

Baca Juga: 456 Kilometer Jalan di Kalsel Dikepung Tambang Bencana Menanti

Baca Juga

MI/VOUCKE LONTAAN

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Setyo Budiyanto Sidak Sejumlah SPBU di Kota Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:35 WIB
Kapolda menerima laporan dari masyarakat terkait adanya antrean di SPBU untuk mendapatkan BBM jenis...
dok.humas pemprov jateng

Festival Adat Budaya Nusantara II di Jateng, Ganjar Sambut Raja-Raja se-Nusantara

👤Haryanto 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 12:00 WIB
SEBANYAK 264 utusan kerajaan, lembaga adat, dan suku seluruh Nusantara menghadiri acara Festival Adat Budaya Nusantara ke-II di Kawasan...
Dok. DPR RI

RS Adi Husada Undaan Wetan Dinilai Layak  Bagi Pelayanan Kesehatan Dewan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 10 Desember 2022, 09:58 WIB
"Kami dari BURT sudah meninjau langsung dan RS Adi Husada kita nyatakan layak untuk memberikan pelayanan kepada Anggota DPR dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya