Sabtu 29 Oktober 2022, 12:25 WIB

Ganjar Diharap Bisa Hadirkan PLTS di Semua Ponpes

Lina Herlina | Nusantara
Ganjar Diharap Bisa Hadirkan PLTS di Semua Ponpes

dok. SDG Sulsel
Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) Sulawesi Selatan, Ahmad Zulfikar

 

PEMBANGKIT Listrik Tenaga Surya (PLTS) menjadi salah satu energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, sekaligus mengurangi emisi karbon.

Di Provinsi Jawa Tengah, dari data Dinas Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng, 2021 lalu, sudah terbangun 995 KWP (kilowatts peak) di sana. Dan dari APBD provinsi juga kabupaten/kota, sudah ada 114 KWP.

Dan selama masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jateng, jumlah tersebut, tentu akan bertambah. Karena masih ada pembangunan PLTS di kawasan UMKM, hingga pondok pesantren di Jawa Tengah.

Koordinator Wilayah Santri Dukung Ganjar (SDG) Sulawesi Selatan, Ahmad Zulfikar di Pondok Pesantren As'adiyah Gulung Beru, Gantarang, Bulukumba berharap PLTS serupa, bisa dikembangkan di pesantren-pesantren seluruh Indonesia, khususnya di Sulsel.

Melihat hal itu, ratusan santri dan ulama di Kabupaten Bulukumba, Sulsel, sepakat mendukung Ganjar Pranowo menjadi presiden Indonesia. Itu ini diungkapkan dalam 'Gema Selawat dan Doa Bersama untuk Negeri' saat memperingati Maulid Nabi Muhammad dan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan Santri Dukung Ganjar (SDG).

“Bapak Ganjar Pranowo sosok yang tegas dan modern. Komitmen Pak Ganjar dan konsistensi sikapnya mensejahterakan pesantren membuat kami sepakat mendukung beliau," ungkap Zulfikar, Rabu (26/10) lalu.

Tentu dukungan itu diberikan, lantaran Ganjar juga punya komitmen mendukung pesantren, dengan menekan biaya penggunaan listrik di pondok pesantren dengan mengembangkan PLTS.

Dicontohkan, penggunaan PLTS di Ponpes Tanbihul Ghofilin Banjarnegara, mampu menghemat pengeluaran biaya listrik 40% per tahun.

"Di bawah kepemimpinan Ganjar, Jateng menjadi salah satu provinsi yang mempelopori transisi penggunaan energi fosil menjadi energi baru terbarukan. Ganjar juga mengeluarkan Surat Edaran Gubernur tentang implementasi pembangunan PLTS," terang Zulfikar.

Sementara itu, Ustadz Jusman Imam, salah satu Pembina Pondok Pesantren As'adiyah Gulung Beru, Bulukumba menyatakan, Ganjar adalah figur pemimpin yang dicari selama ini. Kedekatan Ganjar dengan ulama, kalangan pesantren, dan masyarakat membuatnya makin yakin mendukung Ganjar.

"Ganjar Pranowo adalah sosok yang sangat luar biasa sekali menurut kami. Beliau nasionalis, religius, juga sebagai orang pesantren kami menilai beliau sangat dekat dengan ulama dan pondok pesantren," pungkas Jusman. (LN)

 

 

Baca Juga

Dok. Petamina

Relawan Pertamina Peduli Gelar Trauma Healing Bagi Pengungsi di Posko Utama Desa Mekarsari

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:05 WIB
Pjs Vice President Corporate Communication Heppy Wulansari menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menghilangkan rasa trauma dan...
dok.ist

DPW PAN Jateng Sebut Ganjar Capres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:05 WIB
TERIAKAN 'Ganjar Presiden' dalam Rakor Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN), Jawa Tengah  menggema di...
Antara

Menko PMK: Polri, Tolong Tertibkan Wisatawan di Lokasi Gempa Cianjur

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 02 Desember 2022, 14:27 WIB
Muhadjir pun berharap masyarakat yang mengunjungi lokasi pengungsian untuk memberi bantuan, agar menyerahkannya kepada petugas yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya