Selasa 20 September 2022, 19:27 WIB

Penyaluran BLT Di Kebumen Akan Diawasi Ketat

Lilik Darmawan | Nusantara
Penyaluran BLT Di Kebumen Akan Diawasi Ketat

DOK MI
Ilustrasi

 

PEMKAB Kebumen, Jawa Tengah (Jateng) mengawasi ketat penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) agar tidak melenceng. Apalagi, Tim Mabes Polri juga telah turun ke Kebumen untuk membahas pencegahan korupsi bantuan sosial di Kebumen.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan ada sembilan personel dari Mabes Polri yang tengah berada di Kebumen. Mereka akan melakukan pengawasan terhadap penyaluran segala jenis bansos di Kebumen, baik Bansos BLT BBM, Bansos sembako, BLTDD, RTLH, dan juga PKH.

"Dengan adanya pengawasan tersebut akan ketahuan apa yang menjadi kendala terhadap penyaluran bansos di lapangan. Sehingga ke depan, bansos akan tepat sasaran, dan penggunaanya tidak disalahgunakan," jelasnya.

Bupati mengatakan ada beberapa kasus bansos yang diselewengkan di Kebumen. Salah satunya adalah bansos rumah tidak layah huni (RTLH).

"Berkaca dari kasus sebelumnya, di mana bantuan RTLH di Kebumen malah dimainkan oleh pihak-pihak yang seharusnya mengawasi. Bayangkan waktu itu ada bantuan Rp15 juta, potongan sampai Rp5 juta. Ini kan merugikan penerima manfaat," kata Bupati.

Kasus penyalahgunaan bansos RTLH telah ditangani di Kejaksaan Negeri (Kejari) Kebumen. Bupati menyebut tersangkanya sudah ada, dan tidak lama lagi akan segara disidangkan. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Kapal Pesiar yang Bawa Turis Asing Singgah di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 28 September 2022, 09:15 WIB
Kedatangan kapal-kapal pesiar ini sekaligus membawa para turis asing untuk menikmati pariwisata yang ada di Kabupaten Sikka seperti...
MI/Dwi Apriani

Dukung JKN, TNI AD Tingkatkan Layanan Rumah Sakit

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 28 September 2022, 08:50 WIB
SEBAGAI upaya mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), TNI Angkatan Darat terus mendorong peningkatan layanan rumah sakit yang...
dok.ist

Relawan SDG Gaungkan Ganjar Presiden 2024 di Tasikmalaya

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 08:45 WIB
Relawan Santri Dukung Ganjar (SDG) kembali melakukan konsolidasi ke pondok pesantren dalam rangka doa bersama untuk Indonesia dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya