Kamis 07 Juli 2022, 12:10 WIB

Polda Kalsel Ringkus Komplotan Penipu Bisnis BBM

Denny Susanto | Nusantara
Polda Kalsel Ringkus Komplotan Penipu Bisnis BBM

dok.mi
Ilustrasi penangkapan

 

DIREKTORAT Reserse dan Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Selatan meringkus komplotan penipuan bisnis bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di wilayah tersebut. Aksi komplotan penipuan yang mengatasnamakan PT Trikarya Wiguna sudah puluhan kali dengan sasaran korporasi.

Ada tiga orang komplotan penipuan bisnis BBM solar yang diringkus polisi masing-masing berinisial AN, YI dan RO. Ketiganya ditangkap di lokasi berbeda di luar Kalsel yaitu Sidoarjo, Bali dan Malang.

Aksi komplotan ini diakui sudah puluhan kali dengan korban korporasi yang membutuhkan BBM solar untuk operasional perusahaannya. Salah satu perusahaan yang menjadi korban komplotan ini adalah PT Virgo Samudera Jaya.

"Modusnya komplotan ini mengaku dari PT Trikarya Wiguna menawarkan BBM jenis solar dengan harga murah kepada korporasi. Padahal mereka hanyalah perantara. Setelah uang ditransfer, para tersangka berusaha kabur," ungkap Kabid Humas Polda Kalsel, Komisaris Besar M Rifai, Kamis (7/7).

Kepada PT Virgo Samudera Jaya, para pelaku menawarkan solar seharga Rp9.020 per liter, jauh dibawah harga BBM solar industri yang mencapai Rp15.000 per liter. Dalam kasus ini PT Virgo Samudera Jaya menderita kerugian hampir Rp1 miliar.

Kasus ini terungkap ketika PT Trikarya Wiguna distributor BBM akan menagih pembayaran BBM kepada PT Virgo Samudera Jaya. Diketahui BBM telah dibayarkan melalui salah seorang tersangka AN. Merasa tertipu kemudian PT Virgo Samudera Jaya melaporkan kasus ini ke Polda Kalsel.

"Saat ini penyidik masih terus melakukan pengembangan kasus, sementara para pelaku kini diamankan di Kantor Ditreskrimum Polda Kalsel," tutur Rifai. (OL-13)

Baca Juga:  Kabareskrim Polri Minta Kemenag Cabut Izin Ponpes Shiddiqiyyah Ploso

Baca Juga

Ist

Lari 7,2 KM dan Ikut Flashmob Jaranan, Cara Atikoh Ganjar Rayakan HUT Jateng

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 12:02 WIB
Siti Atikoh, istri Gubernur Ganjar Pranowo hanyut dalam liak-liuk dan enerjiknya gerakan penari kuda lumping di Lapangan Pancasila,...
Ist/Pemprov Jateng

Sebanyak 1.050 Seniman Meriahkan HUT ke-72 Provinsi Jateng

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:55 WIB
Dengan antusias, warga menyaksikan pertunjukan spektakuler seni tradisional jaranan dan gending-gending Jawa bertajuk Gamelan...
MI/Dwi Apriani

Ratusan Perempuan Milenial di Palembang Harapkan Ganjar Pranowo Jadi Presiden

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 11:41 WIB
Kegiatan positif selalu menjadi cara Srikandi Ganjar menyatukan para perempuan ke dalam barisan pendukung Ganjar Pranowo Presiden...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya