Kamis 23 Juni 2022, 19:30 WIB

217 Jemaah Calon Haji Asal Cianjur Diberangkatkan Jumat (24/6)

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
217 Jemaah Calon Haji Asal Cianjur Diberangkatkan Jumat (24/6)

ANTARA
Ilustrasi

 

SEBANYAK 217 orang jemaah calon haji asal Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, akan diberangkatkan ke Embarkasi Bekasi, Jumat (24/6) malam. Mereka tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 30 bersama jemaah calon haji dari Kota Sukabumi dan Kabupaten Karawang.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Cianjur, Usep Muhammad Tammam, menjelaskan pemberangkatan jemaah calon haji kloter 30 merupakan gelombang kedua. Sebelumya, sebanyak 404 orang jemaah calon haji tergabung dalam Kloter 16 sudah diberangkatkan, Senin (13/6). "Pemberangkatan Kloter 30 pada Jumat (24/6) nanti merupakan gelombang kedua," kata Tammam, Kamis (23/6).

Jumlah jemaah calon haji Kabupaten Cianjur yang berangkat tahun ini sebanyak 621 orang. Kuotanya berkurang hampir 48% karena adanya kebijakan pembatasan dari pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Mereka yang berangkat tahun ini merupakan calon jemaah haji yang pemberangkatannya ditunda pada 2020 dan 2021 karena dampak pandemi covid-19.

"Kami mengimbau kepada seluruh jemaah haji betul-betul menjaga imun tubuh dan kondisi kesehatan karena sekarang di sana (Arab Saudi) suhunya sangat panas. Harus banyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan selalu memakai masker. Dengan kondisi badan yang fit, maka kita bisa melaksanakan semua amal ibadah selama berada di Tanah Suci," tutur Tammam.

Ia mengaku terus memantau kondisi para jemaah calon haji Kloter 16 asal Kabupaten Cianjur yang sudah berada di Tanah Suci. Sejauh ini kondisi para jemaah calon haji dalam keadaan sehat.

"Tapi kita mendapat musibah sehari setelah para jemaah calon haji tiba di sana. Salah seorang jemaah calon haji atas nama Hasbulloh meninggal dunia," terangnya.

Tamman menuturkan sebelum pemberangkatan, kondisi almarhum dalam kondisi sehat termasuk kondisi para jemaah lainnya. "Tapi saat tiba di Madinah, Allah SWT menghendaki lain. Kami sudah konfirmasi dan koordinasi untuk keterangan surat kematiannya," pungkasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/HERI S

Penyandang Disabilitas Bisa kian Berdaya di Era Digital

👤Heri Susetyo 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:45 WIB
Mereka diharapkan bisa menawarkan produk lebih menarik, dengan materi digital marketing maupun konten kreator yang...
MEDCOM

Nelayan sudah Ingatkan Wisatawan tidak Berenang di Pangandaran

👤Kristiadi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 22:30 WIB
Satu rekan mereka, Shahrul Hidayah, 13, yang juga berasal dari Kecamatan Cibeurem, belum diketahui...
ANTARA

Pemkot Palembang Telah Keluarkan 3.000 SKKH

👤Dwi Apriani 🕔Kamis 07 Juli 2022, 21:47 WIB
JELANG Hari Raya Idul Adha 1443 H, Pemerintah Kota Palembang, Sumsel  memastikan hewan kurban yang dijualbelikan bebas dari wabah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya