Sabtu 28 Mei 2022, 15:38 WIB

Tanah Longsor Putuskan Jalan Wonosobo-Purworejo

Tosiani | Nusantara
Tanah Longsor Putuskan Jalan Wonosobo-Purworejo

DOK MI.
Ilustrasi.

 

AKSES jalan dari Kabupaten Wonosobo ke Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah sementara terputus akibat tertutup material tanah longsor di ruas Dusun Kedalon, Desa Sigug, Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, Sabtu (28/5). Tanah longsor terjadi pada Sabtu (28/5) pukul 06.00 WIB.

Kepala Pelaksana Harian (Plh) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo, Bambang Triyono, menjelaskan 
tebing dengan ketinggian 20 meter dan lebar 5 meter longsor menutup sebagian akses jalan serta menimpa truk bermuatan kayu. Longsor pada tebing terjadi akibat galian pada tebing terlalu curam, sehingga material longsoran menutup sebagian jalan. Ketebalan material longsor kurang lebih 3 meter.

"Kami langsung menuju lokasi, dan tiba di sana sekitar pukul 07.00. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Korban terdampak longsor juga tidak ada. Hanya truk bermuatan kayu yang roboh terkena material tanah longsor," kata Bambang, Sabtu.

Bencana tersebut mengakibatkan terputusnya jalur provinsi dari Wonosobo menuju Purworejo karena dipenuhi oleh material tanah longsor. Hal itu berdampak pada tersendatnya arus lalu lintas dari kedua arah.

Baca juga: Enam Korban Tewas akibat Miras Oplosan, Keluarga Palang Jalan

"Pendataan, asesmen, dan koordinasi pihak terkait sudah dilakukan. Pembersihan material tanah longsor yang menutup jalan masih berlangsung menggunakan alat berat untuk membuka akses jalan," katanya.

Untuk kebutuhan perbaikan senderan masih dibutuhkan material bangunan. Tebing yang longsor ditangani oleh pihak kontraktor untuk pembenahan dan pembuatan terasering pada tebing. (OL-14)

Baca Juga

MI/Supardji R

109 Jemaah Haji dari Kota Tegal Diberangkatkan

👤Supardji Rasban 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:46 WIB
Jemaah calon haji Kota Tegal yang masuk ke Kloter 43 Embarkasi Adi Sumarmo Solo (SOC) direncanakan akan tiba di Asrama Haji Donohudan...
ANTARA/M. Riezko Bima Elko P.

Gedung Sekolah di Palembang Roboh, Polisi Periksa 3 Saksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 14:15 WIB
Kepala Polrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib memastikan penyidik terus mendalami peristiwa robohnya bangunan tersebut yang...
ANTARA

Khofifah Berharap Kuota Haji untuk Indonesia Terus Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 13:37 WIB
Tahun ini, kuota haji Indonesia mencapai 100.051 orang, kemudian beberapa hari lalu mendapat kuota tambahan sebanyak 10.000 orang dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya