Jumat 06 Mei 2022, 19:33 WIB

Libur Lebaran, Okupansi Hotel Berbintang di DIY Hampir 100%

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Libur Lebaran, Okupansi Hotel Berbintang di DIY Hampir 100%

Antara
Pengendara melintas di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta.

 

PEMUDIK dan wisatawan yang datang ke Yogyakarta membludak. Beberapa wisatawan bahkan kesulitan mencari kamar hotel saat baru tiba di wilayah tersebut.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono menyebut jumlah wisatawan yang menginap selama libur Lebaran melebihi prediksi. 

"Rata-rata hunian untuk hotel bintang sudah sampai 90,2%. Sedangkan, hotel nonbintang 80,8%," ujar Deddy, Jumat (6/5).

Baca juga: Presiden Jokowi dan Keluarga Silaturahmi ke Keraton Yogyakarta

Tingkat keterisian kamar cenderung merata di semua hotel. Namun, mayoritas wisatawan masih mencari hotel yang lokasinya dekat pusat kota atau kawasan Malioboro.

Sebelumnya, PHRI DIY memperkirakan okupansi hotel hanya berkisar 80% di masa libur Lebaran. "Ini menunjukkan DIY masih menjadi tujuan wisata favorit. Situasi ini merupakan napas yang melegakan di tengah pandemi," imbuhnya.

Baca juga: Kebun Raya Bogor Dipadati Pengunjung

Adapun lama tinggal wisatawan di DIY rata-rata masih 1,8 hari. Menurut Deddy, lama tinggal wisatawan masih bisa ditingkatkan hingga 2 hari.

Hotel anggota PHRI sudah melakukan persiapan sebelum periode libur lebaran. Meski kasus covid-19 melandai, namun pihaknya menggencarkan penerapan protokol kesehatan.

Saat ini, DIY masuk dalam wilayah dengan status PPKM level II. Artinya, hotel bisa mengoperasikan kamar hingga 90%. Total kamar hotel di DIY, yang masuk anggota PHRI, mencapai 25 ribu kamar.(OL-11)

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya